Berita /

Wisuda Pertama di Tahun 2017, ITB Luluskan 1.543 Wisudawan

Abdiel Jeremi W - Sabtu, 1 April 2017, 15:28:52 - Diperbaharui : Jumat, 19 - Mei - 2017, 03:12:51

BANDUNG, itb.ac.id - Wisuda April ITB merupakan wisuda kedua tahun akademik 2016/2017 sekaligus wisuda pertama di tahun ini. Sidang wisuda dilaksanakan di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) selama dua hari, untuk Program Doktor dan Program Magister telah dilaksanakan pada Jumat (31/03/17) dan untuk Program Sarjana pada Sabtu (01/04/17). Jumlah total wisudawan pada Wisuda April adalah 1.543 orang wisudawan dengan rincian 80 orang Program Doktor, 819 orang Program Magister, dan 644 orang Program Sarjana. Tak hanya dari dalam negeri, sejumlah wisudawan yang lulus di Wisuda April kali ini juga berasal dari negara-negara lain seperti Malaysia, Tiongkok, Republik Ceko, Vietnam, Korea Selatan, India, dan Libya.


Sidang dibuka oleh Rektor ITB, Prof. Kadarsah Suryadi dan dalam pidatonya, Rektor menyatakan tentang tantangan yang dihadapi serta upaya-upaya yang dilakukan dalam rangka pembangunan infrastruktur di Indonesia secara berkelanjutan. Lebih lanjut, Rektor menekankan bahwa ITB sebagai perguruan tinggi akan berusaha untuk terus meningkatkan peran dalam penyelenggaraan infrastruktur di Indonesia, mulai dari penyediaan SDM hingga penyediaan fasilitas untuk riset demi menunjang peningkatan kontribusi ITB bagi masyarakat luas. Agenda kemudian dilanjutkan dengan pembacaan berbagai prestasi dari staf pengajar dan mahasiswa di tingkat nasional dan internasional.


Sidang Terbuka Wisuda April 2017 ini bisa dikatakan cukup istimewa dibandingkan dengan sidang-sidang sebelumnya, karena secara khusus di sidang hari kedua, turut hadir Moazzam Malik, yang merupakan Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Timor Leste, dan negara-negara ASEAN. Selain itu, terdapat persembahan musik khusus di jeda sidang yang mana pada kesempatan ini Rektor ITB ikut mengiring lagu dengan harmonika. Beberapa wisudawan juga turut meramaikan penampilan-penampilan musik baik itu melalui paduan suara maupun paduan angklung. Tercatat wisudawan termuda pada Wisuda April ini adalah Andika Setya Kusumawardani (Manajemen 2013) yang menginjak usia 20 tahun pada 31 Maret kemarin, serta IPK tertinggi sebesar 3,93 diraih oleh Randy Kusuma (Manajemen 2013). Pada akhirnya, pidato dari perwakilan mahasiswa, yakni Tiwi Aminati (Teknik Lingkungan 2012), resmi mengakhiri sidang wisuda kali ini.


oleh: Fatimah Larassaty (Teknik Perminyakan 2014)