Tantangan serta Upaya-Upaya Dalam Rangka Pembangunan Infrastruktur di Indonesia secara Berkelanjutan

By Fivien Nur Savitri, ST, MT

Editor -

Bandung, itb.ac.id - Puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, yang atas Rahmat dan Ridho-Nya ITB telah menyelenggarakan Wisuda Kedua ITB tahun akademik 2016/2017 untuk tingkat Sarjana, Magister dan Doktor. Wisuda dilaksanakan dua hari, yaitu Jumat, 31 Maret 2017 bagi Program Doktor (80 orang) dan Program Magister (819 orang), dan pada hari Sabtu, 1 April 2017 untuk Program Sarjana (644 orang).

Wisudawan termuda tercatat adalah Andika Setya Kusumawardani dari Program Studi Manajemen, Sekolah Bisnis dan Manajemen, yang di tanggal 31 Maret ini genap berusia 20 tahun. Wisudawan Sarjana dengan IPK tertinggi tiga koma sembilan tiga adalah Randy Kusuma dari Program Studi Manajemen Sekolah Bisnis dan Manajemen.

Terdapat 10 Wisudawan Magister yang lulus dengan IPK tertinggi empat koma nol nol dan 19 Wisudawan Doktor yang juga lulus dengan IPK tertinggi empat koma nol nol. Serta 10 Wisudawan Internasional dari berbagai negara yaitu Malaysia, Tiongkok, Czech Republik, Vietnam, Korea Selatan, India dan Libya. Terdapat 140 orang pemegang beasiswa bidik misi yang juga lulus pada periode ini.

Rektor ITB dalam pidatonya menyampaikan beberapa pemikiran yang terkait dengan tantangan yang dihadapi serta upaya-upaya yang dilakukan dalam rangka pembangunan infrastruktur di Indonesia secara berkelanjutan.

ITB sebagai lembaga Pendidikan Tinggi akan terus berupaya meningkatkan perannya dalam  berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan infrastruktur di Indonesia. Dalam hal penyediaan SDM, ITB berkontribusi secara nyata dalam penyiapan lulusan yang kompeten dan profesional di semua tahap penyelenggaraan infrastruktur, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, manajemen dan operasi.

Berbagai agenda riset telah dan akan terus ditingkatkan dalam membantu kualitas perencanaan dan pengelolaan infrastruktur, mencakup infastruktur transportasi, air dan air limbah, pengelolaan limbah, produksi dan distribusi energi, bangunan gedung, perumahan, fasilitas umum, fasilitas rekreasi, informasi dan telekomunikasi, dan sebagainya.Berbagai kerja sama juga telah dilakukan ITB yang secara positif menunjang peningkatan kontribusi ITB bagi masyarakat luas. Beberapa pencapaian prestasi juga disampaikan di upacara Wisuda Kedua ITB tahun akademik 2016/2017, meliputi prestasi institusi, prestasi internasional dan nasional dari staf pengajar , serta prestasi internasional dan nasional dari mahasiswa.

Hadir dalam upacara wisuda periode ini, tamu istimewa yaitu Duta Besar Inggris, Mr Moazzam Malik. Bandrek (Band Rektor) turut memberikan hadiah manis untuk wisudawan dengan menampilkan lagu 'Now and Forever' yang dapat di cek di youtube official ITB.