Berita / Utama

FMIPA ITB Gelar Guest Lecture dalam Peringatan Dies Natalis 70 Tahun Pendidikan Kimia

Irfaan Taufiiqul Rayadi - Kamis, 30 Maret 2017, 15:51:34 - Diperbaharui : Jumat, 19 - Mei - 2017, 03:17:26

BANDUNG, itb.ac.id – Dalam rangka memeringati Dies Natalis 70 Tahun Pendidikan Kimia Indonesia dan menambah wawasan mahasiswa beserta para pengajar, FMIPA ITB mengundang John Carver, profesor dari Research School of Chemistry, The Australian National University, sebagai pengajar dalam kuliah tamu ini.

Kuliah tamu yang diselenggarakan di ruang 2104 gedung kimia membahas mengenai kelebihan dan kekurangan Protein Folding, Unfolding, and Aggregation. Dimulai pukul 11.00, kuliah dibuka oleh Rukman Hertadi, D.Sc, selaku kepala dari Tim Riset Biokimia (Program Studi Kimia) ITB juga moderator acara. Pada kuliah ini dibahas bagaimana proses sintesis protein, kegagalan yang terjadi saat proses sintesis (misfolding), dan agregasi.

Kuliah yang diselenggarakan pada hari Rabu (29/3/2017) diawali dengan dua buah video pendek yang menceritakan tentang protein dan sintesis protein yang terjadi di dalam ribosom. Misfolding dan agregasi yang terjadi dalam sintesis protein, dapat mengakibatkan degradation of quality control, improper trafficking, dan toxic conformer. Ada pula penyakit yang diakibatkan kesalahan sintesis protein, antara lain Alzheimer, Parkinson, Creutzfeldt-Jakob, Huntington, dan katarak.

Carver lalu memfokuskan pembahasan pada penyakit katarak, salah satu penyakit mata yang banyak diderita manula di Indonesia. Katarak adalah pengeruhan lensa mata yang membuat terganggunya penglihatan. Penyebab katarak sendiri adalah patogen yang menyerang protein kristalin yang ada di lensa. Katarak dapat berujung pada kebutaan.

Selain katarak, dibahas pula Alzheimer, yakni pengerutan pada saraf otak disertai dengan adanya sedimen protein disebut juga plak amiloid. Plak amiloid juga menjadi tanda dari penyakit-penyakit degeneratif lainnya seperti Parkinson dan Huntington. Presentasi lalu ditutup dengan pengenalan Research School of Chemistry kepada peserta kuliah tamu.