Robin Hood MTI ITB: Dukung Jiwa Pengabdian Masyarakat Lewat Kompetisi, Seminar, dan Exhibition

Oleh Gracia Isaura Raulina

Editor -

exhibition


BANDUNG, itb.ac.id – Sebagai salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, jiwa pengabdian masyarakat merupakan suatu hal yang perlu dimiliki oleh seluruh civitas akademika. Melalui rangkaian acara bertajuk Robin Hood, Himpunan Mahasiswa Teknik Industri ITB (MTI ITB) bersama dengan Paragon berusaha mendukung kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui kompetisi ide pengabdian masyarakat, kompetisi , serta seminar. Dengan mengambil nama Robin Hood, MTI ITB berusaha menyimbolkan aksi Robin Hood yang memberikan harta dari orang-orang kaya kepada masyarakat yang membutuhkan. Acara puncak diadakan pada Sabtu (25/03/17) bertempat di Aula Barat ITB.


Rangkaian acara dimulai dengan presentasi dari finalis kompetisi ide pengabdian masyarakat. Ide-ide tersebut disampaikan kepada empat juri yang mengisi seminar pada acara tersebut. Bersamaan dengan ini, dimulai juga kompetisi exhibition yang diisi dengan aktivitas-aktivitas pengabdian masyarakat yang pernah dilakukan oleh berbagai himpunan mahasiswa ITB. Dalam exhibition yang dibuka untuk umum tersebut, pemenang ditentukan oleh banyaknya vote yang diberikan oleh pengunjung.



Seusai diselenggarakannya kompetisi exhibition selama dua jam, acara dilanjutkan dengan seminar yang merupakan mata acara yang juga dinanti oleh banyak pengunjung. Seminar ini diisi oleh empat pembicara yang membawakan tema utama “What Can You Do in Your 20s?”. Keempat pembicara tersebut yakni Emanuel Agung Cahyo (Lead Software Engineer Indorelawan), Suci Hendrina (Public Relation Manager Paragon), Muhamad Junaedi (Community Manager Kitabisa.com), dan Eliya Amilati Hanafi (Pengajar Muda).

Robin Hood ditutup dengan pengumuman pemenang kompetisi ide pengabdian masyarakat serta pemenang kompetisi exhibition. Terdapat lima finalis dari kompetisi ide pengabdian masyarakat, yakni Lantana Camara SF, Blue Horns MTI, Cateringpedia, RBC Himatek, dan Katering PL HMP. Pada akhirnya, Lantana Camara SF memenangkan juara pertama, sedangkan juara kedua dan ketiga dimenangkan oleh Blue Horns MTI dan RBC Himatek. Ketiga juara memenangkan hadiah dengan total sebesar tiga belas juta lima ratus ribu rupiah dapat digunakan untuk mewujudkan ide pengabdian masyarakat mereka tersebut. Pemenang utama kompetisi ini, Lantana Camara SF, membawakan ide pengabdian masyarakat untuk mewujudkan suatu warung sampah sehingga masyarakat dapat menukarkan sampah dengan barang lain yang mereka inginkan. Sementara itu, kompetisi exhibition dimenangkan oleh Himpunan Mahasiswa Informatika ITB (HMIF ITB).


scan for download