Berita / Utama

Mahasiswa ITB Raih Juara di Petrogas Days UI 2017

Irfaan Taufiiqul Rayadi - Senin, 20 Maret 2017, 03:47:10 - Diperbaharui : Rabu, 5 - April - 2017, 04:26:15

BANDUNG, itb.ac.id - Mahasiswa ITB kembali meraih prestasi akademik di kancah nasional dan internasional. Hal ini dibuktikan dengan pencapaian gelar di ajang Petrogas Days UI yang digelar Ikatan Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Indonesia (UI) bekerjasama dengan Society of Petroleum Engineers UI - Student Chapter (SPE UI-SC) dan Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia - Seksi Mahasiswa UI (IATMI SM-UI).

Lomba yang digelar di Teknik Kimia UI pada hari Kamis-Sabtu (16-18/03/17) ini merupakan kompetisi di bidang keilmuan Teknik Kimia berskala internasional yang digelar tiap tahun. Pada tahun ini, tema yang diangkat bertajuk “Empowering Energy Development with Innovative & Creative Economy Integration”. Rangkaian acara Petrogas Days UI 2017 ini terdiri dari lomba Chemical Product Design Competition (CPDC) dengan topik “Empowering Technopreneurship through Specialty Chemical Development”, Case Study dengan topik “Biodiesel Role in Indonesia’s 2025 Energy Mix”, Student Energy- Model United National (SE-MUN) Conference, dan Grand Seminar.


Pada ajang Petrogas Days UI 2017 ini, tim ITB berhasil meraih juara 1 di cabang Chemical Product Design Competition yang diikuti tim Graphene yang beranggotakan Dessi AEB Ginting (Teknik Kimia 2013), Serra Delvira (Teknik Kimia 2013), Stenly Hutapea (Teknik Kimia 2013), dan Yohana Betania (Manajemen Rekayasa Industri 2013. Tim ITB pun meraih juara 1 di cabang Case Study yang diikuti tim ESCOVA yang beranggotakan Irfaan Taufiiqul Rayadi (Teknik Kimia 2013), Haryo Pambudi (Teknik Perminyakan 2013), dan Singgih Chandra Prakosa (Teknik Perminyakan 2013). Tim ITB juga meraih gelar juara 2 di cabang Case Study yang diikuti tim ICEBLASTER yang beranggotakan Chrysaeta Filian Doni (Teknik Perminyakan 2013), Yehezkiel David Pradhipta (Teknik Perminyakan 2013), dan Prayudha Rifqi Safiraldi (Teknik Perminyakan 2013). Pada ajang CPDC pun ITB berhasil meloloskan 3 tim dari total 8 tim yang masuk ke babak final.


Proses yang dilalui tim-tim ITB ini tidaklah mudah. Proses seleksi dimulai dari tahap pengumpulan abstrak, lalu pengumpulan full paper. Pada bagian Case Study, tim ITB harus memresentasikan hasil rancangan dan solusi yang ditawarkan pada tim juri. Selain itu, pada kompetisi CPDC, Tim Graphene pun harus mendemonstrasikan produk rancangan mereka di depan juri.
Ditemui di akhir acara puncak Petrogas Days UI, salah satu anggota tim ITB, Serra Delvira (Teknik Kimia 2013), mengaku bahwa ia tidak menyangka ITB akan meraih beberapa gelar di Petrogas Days UI 2017 ini. Ia pun mengaku sangat senang selama keberjalanan lomba ini, ia mendapat banyak ilmu terkait marketing dan keilmuan interdisiplin lainnya. “Semoga mahasiswa Teknik Kimia ITB dan jurusan lain dapat terus berkarya dimanapun dan dapat memberi manfaat bagi orang di sekitarnya,” tutup Serra mengakhiri sesi wawancara.