Institut Teknologi Bandung Tandatangani MoA dengan Universiti Kebangsaan Malaysia

Oleh Bayu Septyo

Editor -

Bandung, ITB.ac.id – Bertempat di ruang Rapim A, Gedung CCAR ITB, pada Senin (20/02/17) telah dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman (MoA - Momorandum of Agreement) antara Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) untuk menjalin kerjasama pengelolaan acara ASEAN Youth Volunteer Programme (AYVP). Penandatangan MoA dilakukan langsung oleh Rektor ITB, Prof. Dr.Ir. Kadarsah Suryadi dan Deputy Vice-Chancellor, Industry & Community Partnerships UKM, Prof. Dato’ Dr. Imran Ho Abdullah. 

AYVP sendiri merupakan  sebuah acara tahunan yang melibatkan pemuda dari negara-negara ASEAN untuk mengembangkan solusi inovatif dalam tantangan sosial, budaya, ekonomi, dan lingkungan dari masyarakat di seluruh ASEAN. Ini merupakan tahun kelima diselenggarakannya AYVP sejak pertama kali diadakan pada tahun 2013 di Malaysia dan kedua kali pada 2014 yang juga diadakan di Malaysia. Pada tahun-tahun berikutnya, AYVP mulai diadakan di luar Malaysia dengan Kamboja sebagai tuan rumah AYVP ketiga tahun 2015, dan Filipina sebagai tuan rumah keempat tahun 2016. Dan tahun ini Indonesia, khususnya ITB, mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan AYVP 2017 dengan tema pengurangan risiko bencana.

AYVP akan terbagi dalam tiga tahap, yaitu tahap Pra-program, tahap Program empat minggu AYVP, dan tahap Pasca-program. Program empat minggu AVYP akan dilakukan sejak tanggal 1 sampai dengan 26 Agustus 2017 dengan sasaran utama Desa Lembang, Kabupaten Bandung Barat yang berada tepat di atas Sesar Lembang dan Kelurahan Cigadung, Kota Bandung yang terletak 6 KM di sisi selatan Sesar Lembang.

Para peserta AYVP adalah para pemuda dengan usia antara 18 dan 30 tahun dari pendidikan tinggi, perguruan tinggi, organisasi pemuda, LSM dan professional yang bekerja di ASEAN.

Prof. Dato’ Dr. Imran Ho Abdullah mengawali acara penandatanganan MoA dengan menyampaikan sambutan. Beliau mengucapkan terima kasih pada ITB atas dibukanya ruang kerjasama dalam pengelolaan bersama salah satu event yang penting untuk ASEAN ini. Rektor ITB menyatakan rasa senang karena telah dicapainya kerjasama antara kedua belah pihak dan menantikan pelaksanaan AYVP 2017 pada bulan Agustus 2017 nanti. Program AYVP ini sejalan dengan tujuan ITB untuk mendorong dilakukannya riset dan publikasi.

MoA membahas tata pelaksanaan AYVP dan kewajiban-kewajiban antara kedua belah pihak, pendanaan dan laporan,  pemberian kabar, penyelesaian perselisihan, perlindungan terhadap kekayaan intelektual, serta hak-hak dan kepentingan lain dari kedua belah pihak. Acara dilanjutkan dengan penayangan video pelaksanaan AYVP pada tahun-tahun sebelumnya dan ditutup dengan pertukaran cinderamata antara Rektor ITB dan Deputy Vice-Chancellor, Industry & Community Partnerships UKM.

Kontributor Resmi: Ahmad Fadhil


scan for download