ITB Adakan Pameran Karya Inovasi dalam Rangka Dies Natalis ke-58

By Gracia Isaura Raulina

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id – Sebagai salah satu rangkaian acara peringatan Dies Natalis ke-58, ITB melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ITB mengadakan Pameran Karya Inovasi Staf Pengajar dan Mahasiswa ITB. Kegiatan tersebut diadakan di Aula Barat ITB pada Minggu (05/03/17). Dalam kegiatan tersebut, berbagai inovasi hasil civitas akademika ITB dapat dipamerkan tidak hanya kepada mahasiswa, melainkan masyarakat umum yang tertarik untuk melihat hasil-hasil karya tersebut.


Pameran karya inovasi ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun. Bersamaan dengan rangkaian acara Dies Natalis ITB, kegiatan ini diadakan dengan upaya untuk menunjukkan peran ITB dalam ilmu pengetahuan maupun kehidupan masyarakat dalam bidang seni, sains, dan teknologi. “Biasanya diadakan setiap hari kerja, namun tahun ini diadakan di akhir minggu,” ungkap Oki Herdian, S.Kom selaku staf dari LPPM ITB. “Harapannya, akan semakin banyak masyarakat yang dapat hadir pada pameran tahun ini,” tambah Oki.

Sedikitnya terdapat lebih dari 70 karya inovasi dan penelitian yang ditampilkan dalam pameran ini, baik dalam bentuk produk nyata maupun poster-poster yang menerangkan hasil karya yang telah diwujudkan sepanjang tahun 2016 silam. Karya-karya tersebut merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh berbagai pusat penelitian di bawah LPPM ITB. Beberapa di antaranya yakni Upaya Pengurangan Risiko Bencana di Indonesia dari Pusat Penelitian Mitigasi Bencana (PPMB), Turbin Aksial Generator Maknit Permanen dari Pusat Penelitian Energi Baru dan Terbarukan (PPEBT), Intelligent Transportation System dari Pusat Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasi (PPTIK), Pengembangan Sistem Electrospinning dari Pusat Penelitian Biosains dan Bioteknologi (PPBB), Model Tata Kelola Megacity di Indonesia yang Terintegrasi dan Berkelanjutan dari Pusat Penelitian Infrastruktur dan Kewilayahan (PPIW), Pengembangan Produk Mainan Kinetik Berbahan Rotan dari Pusat Penelitian Produk Budaya dan Lingkungan (PPBL), serta Geopore dari Pusat Penelitian Teknologi Nano dan Kuantum (PP NANO).


Selain karya-karya dari pusat penelitian di bawah LPPM ITB, turut dipamerkan pula berbagai karya dari Kelompok Keilmuan (KK) di bawah 12 Fakultas dan Sekolah ITB. Karya-karya tersebut merupakan hasil penelitian dari dosen-dosen ITB secara individual maupun berkelompok. Kemudian, turut dipamerkan pula karya-karya mahasiswa dari berbagai program studi, seperti robot angklung ‘klungbot’ dari program studi Teknik Fisika ITB dan hasil seni berbagai program studi di bawah Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB.