Berita / Utama

Mahasiswa Teknik Kimia ITB Sabet Juara di IChEC 2017

Irfaan Taufiiqul Rayadi - Minggu, 26 Februari 2017, 12:34:44

BANDUNG, itb.ac.id - Mahasiswa ITB tidak henti-hentinya meraih prestasi di kancah nasional serta internasional. Hal ini dibuktikan dengan raihan gelar di ajang Indonesia Chemical Engineering Challenge 2017 (IChEC 2017) yang digelar Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMATEK) ITB bekerja sama dengan Program Studi Teknik Kimia ITB.

Lomba yang digelar di Teknik Kimia ITB pada hari Kamis-Sabtu (23-25/02/17) ini merupakan kompetisi di bidang keilmuan Teknik Kimia berskala internasional yang digelar tiap tahun. Pada tahun ini, tema yang diangkat bertajuk “Utilization of Renewable Resources to Enhance Nation’s Energy Sustainability”. Lomba-lomba yang digelar tahun ini merupakan Plant Design Competition, Problem Solving Competition, Debate Competition, Essay Competition, serta Poster Competition.

Pada IChEC 2017 ini, tim ITB berhasil meraih juara 1 di cabang Plant Design Competition yang diikuti Muhammad Iqbal Prasetyo (Teknik Kimia 2013), Untoro Eko Saputro (Teknik Kimia 2013), dan Ayu Rizki Ramadhani (Teknik Kimia 2013). Tim ITB pun meraih juara 2 di cabang ini yang diikuti Anthony Gunawan (Teknik Kimia 2013), Ryan Bagus Fitradi (Teknik Kimia 2013), dan Ivan Ruben Darmawan (Teknik Kimia 2013). Tim ITB juga meraih gelar juara 2 di cabang Problem Solving Competition yang diikuti Stephen Andrean (Teknik Kimia 2013) dan Hardono Japonika (Teknik Kimia 2013) serta juara 1 di cabang Paper Competition yang diikuti Kharis Adi Rahmanto (Teknik Kimia 2013).

Kerja Keras Berbuah Hasil yang Manis

Proses yang dilalui mahasiswa-mahasiswa Teknik Kimia ITB ini tidaklah mudah. Selain harus bersaing dengan puluhan tim dari tahap abstract submission, full paper competition, bahkan hingga tahap grand final pun mereka harus mempresentasikan hasil kerja mereka didepan jajaran tim juri yang merupakan pegiat industri, serta orang-orang terampil di bidangnya.

Ditemui di akhir acara puncak IChEC 2017, salah satu anggota tim ITB, Muhammad Iqbal Prasetyo (Teknik Kimia 2013), mengaku sangat senang ITB dapat meraih banyak juara di kompetisi ini. Ia mengucapkan terimakasih atas doa dan dukungan dari seluruh civitas academica Teknik Kimia ITB. “Semoga di tahun depan, ITB dapat meraih gelar lebih banyak dan peserta yang mengikuti kompetisi ini bisa lebih banyak lagi!” tutup Iqbal mengakhiri sesi wawancara.