ITB Selenggarakan Workshop Geo Elektromagnetik Pertama

Oleh Okta Indah Sulistyorini

Editor -

Geo-EM Workshop 2017

BANDUNG, itb.ac.id – Sebagai salah satu institusi pelopor pengembangan geosains, program studi Teknik Geofisika Institut Teknologi Bandung menggelar (GEM) pada Senin-Jumat (20-24/02/17). Rangkaian acara yang meliputi short course, sesi seminar, pameran abstrak, dan fieldtrip ini digelar untuk yang pertama kalinya di tahun 2017 mengundang sejumlah ahli geo-elektromagnetik dari seluruh dunia. 

Rangkaian acara dibuka pada Senin (20/02/17) dengan short course dengan judul Distinguished Instructor Short Course: Geophysical Electromagnetic Fundamentals and Application. Kelas singkat yang dipandu oleh Prof. Doug Oldenburg dari British Columbia University ini mengangkat prinsip-prinsip dasar elektromagnetik dan aplikasinya. Sebagai pelengkap sesi kelas singkat ini, Prof. Doug turut menyertakan studi kasus dan demo perangkat lunak. Kelas singkat yang diadakan di Aula Gedung Energi ini dihadiri oleh praktisi profesional, peneliti, serta mahasiswa dari bidang ilmu terkait.

GEM yang dicanangkan utuk digelar setiap dua tahun sekali bertujuan untuk mempopulerkan perkembangan metode geolistrik dan elektromagnetik untuk mendukung energi berkelanjutan demi keberlangsungan hidup manusia. Selain itu, metode geofisika ini dapat dimanfaatkan untuk konservasi lingkungan dan meminimalisir efek bencana alam di Indonesia. Beberapa topik yang akan diangkat pada GEM 2017 ini diantaranya adalah eksplorasi migas, eksplorasi energi terbarukan, geofisika lingkungan, tektonik bencana, dan magnetisme batuan. 


scan for download