Buka Kesempatan Magang, SCG Gelar Sesi Informasi SCG International Internship

Gracia Isaura Raulina | Jumat, 10 Februari 2017, 07:14:49 | Lihat foto berita ini

BANDUNG, itb.ac.id – Kualitas dari sebuah perusahaan dapat dilihat dari kualitas program magang yang ditawarkan. Salah satu perusahaan yang program magangnya selalu ditunggu oleh mahasiswa adalah Siam Cement Group (SCG), yakni sebuah perusahaan konglomerat asal Thailand. Dalam rangka dibuka kembalinya program magang pada tahun ini, SCG bersama dengan ITB Career Center mengadakan sesi informasi di Auditorium CC Timur pada Kamis (09/02/16). Sesi informasi tersebut diisi oleh perwakilan dari SCG Thailand, SCG Indonesia, serta beberapa alumni dari program magang SCG di tahun-tahun sebelumnya yang memberikan informasi mengenai SCG, program magang yang ditawarkan, serta tips untuk dapat diterima dalam program magang tersebut. Acara ini dihadiri oleh ratusan mahasiswa yang datang tidak hanya dari ITB, tetapi juga berbagai universitas di Bandung.

Sebagai sebuah perusahaan konglomerat, SCG bergerak dalam berbagai bidang bisnis. Akan tetapi, terdapat tiga bidang yang menjadi bisnis inti dari SCG, yakni pengemasan, semen, dan produk kimia. SCG telah mengembangkan perusahaannya hingga skala internasional, terutama ke negara-negara ASEAN. Salah satu negara dengan investasi terbesar oleh SCG adalah Indonesia, sehingga SCG sangat tertarik untuk menjalin hubungan yang semakin erat dengan calon angkatan kerja di Indonesia.


Program magang SCG yang memiliki nama SCG International Internship merupakan sebuah program yang diadakan satu kali dalam setahun dan telah menginjak kali kelima pada tahun 2017 ini. Program ini dibuka bagi mahasiswa dari beberapa negara ASEAN seperti Indonesia, Laos, Myanmar, Vietnam, Kamboja, dan Filipina. Khususnya bagi negara Indonesia, SCG akan menerima 10 orang mahasiswa untuk mengikuti program ini. Walaupun jumlah mahasiswa yang diterima hanya sedikit, namun tiap tahunnya selalu terdapat beberapa mahasiswa ITB yang lolos dalam seleksi untuk mengikuti program magang SCG. Dalam program ini, peserta akan bekerja di SCG Thailand selama satu bulan untuk mengerjakan proyek yang sesuai dengan jurusannya. Pihak SCG menambahkan bahwa peserta akan mendapatkan banyak sekali pengalaman yang berharga, baik dari proyek yang diberikan, bekerja sama dengan peserta dari berbagai negara lain, kegiatan CSR, hingga kegiatan-kegiatan rekreasi yang akan diadakan oleh SCG.

Kali ini, SCG membuka program magang tersebut bagi mahasiswa yang sedang berada di tahun ketiga hingga tahun kelima perkuliahan. Rencananya, program tersebut akan diadakan pada bulan Juli hingga Agustus 2017. Selain itu, walaupun terdapat batasan terhadap jurusan yang dapat mendaftar, pilihan jurusan tersebut sangat banyak khususnya bagi mahasiswa Indonesia. Persyaratan pendaftaran dan informasi lainnya mengenai program magang ini dapat mahasiswa dapatkan melalui situs SCG maupun situs ITB Career Center.