IRO ITB Gelar Sesi Informasi Studi di Belanda

Gracia Isaura Raulina - Rabu, 8 Februari 2017, 02:06:28 Lihat foto berita ini

BANDUNG, itb.ac.id – Mengenyam pendidikan lanjutan merupakan sesuatu yang diimpikan oleh banyak mahasiswa masa kini. Tidak hanya di dalam negeri, banyak mahasiswa juga berkeinginan untuk menimba ilmu dari berbagai negara di seluruh dunia. Salah satu tujuan favorit bagi mahasiswa-mahasiswa Indonesia adalah berbagai universitas di negara Belanda. Oleh karena itu, International Relation Office (IRO) ITB, bekerja sama dengan Netherlands Education Support Office (NESO) Indonesia mengadakan sesi informasi bertajuk “Study in Holland” terkait kesempatan belajar di Belanda sekaligus beasiswa yang ditawarkan bagi mahasiswa yang tertarik untuk melanjutkan studi di Belanda. Kegiatan ini diadakan di Aula Barat ITB pada Selasa (07/02/17).

Kegiatan sesi informasi ini rutin diadakan di ITB setiap tahunnya dengan tujuan untuk memberikan informasi serta meningkatkan kesadaran mahasiswa mengenai kesempatan belajar di Belanda. Tidak hanya bagi mahasiswa, sesi informasi ini juga ditujukan bagi umum, khususnya bagi profesional muda, dosen, dan berbagai pihak yang tertarik untuk menimba ilmu lanjutan ke Belanda. Kegiatan pada tahun ini berhasil mendatangkan lebih dari 200 peserta yang berasal dari berbagai latar belakang pendidikan.


Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Dr. Ir. Edwan Kardena selaku direktur dari IRO ITB. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa saat ini ITB banyak bekerja sama dengan berbagai universitas ternama di luar negeri. Oleh karena itu, beliau berharap bahwa ke depannya akan semakin banyak mahasiswa ITB yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Selain itu, beliau juga menyampaikan harapannya bagi ITB yang akan segera menginjak usia 100 tahun agar dapat semakin berkembang menjadi salah satu universitas ternama dunia.


Acara utama dari kegiatan ini diisi oleh seminar mengenai kesempatan belajar di Belanda yang diberikan oleh Indy Hardono selaku perwakilan dari NESO Indonesia. Dalam seminar tersebut, dipaparkan mengenai karakteristik-karakteristik dari mahasiswa Belanda sekaligus lingkungan studi di Belanda. Beliau turut menyampaikan berbagai keunggulan Belanda sebagai negara tujuan studi khususnya bagi mahasiswa Indonesia, di antaranya adalah sistem pendidikan yang sangat baik, tingginya tingkat penggunaan bahasa Inggris di Belanda sehingga mahasiswa Indonesia tidak perlu mempelajari bahasa Belanda untuk dapat hidup di sana, keberagaman budaya di lingkungan studi Belanda sehingga mahasiswa Indonesia dapat semakin menambah wawasan dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi, serta kemudahan bagi mahasiswa Indonesia untuk menemukan berbagai kesamaan budaya dengan masyarakat Belanda.

Selain itu, disampaikan juga mengenai berbagai kesempatan untuk membantu pendanaan selama melanjutkan studi di Belanda. Terdapat banyak beasiswa yang ditawarkan, mulai dari beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Belanda hingga kerja sama dengan pemerintah Indonesia. Beasiswa tersebut di antaranya adalah StuNed, Orange Tulip Scholarship (OTS), Netherlands Fellowship Programmes (NFP), hingga berbagai beasiswa dari kementerian Indonesia. Informasi mengenai berbagai program studi, universitas, dan beasiswa di Belanda ini dapat diperoleh melalui fasilitas-fasilitas yang ditawarkan dalam situs NESO Indonesia.