HIMAFI Gelar Grand Final Eureka! 2017

Oleh Holy Lovenia

Editor -

Research Based Learning

BANDUNG, itb.ac.id – Puncak dari rangkaian tahap kompetisi (RBL), Grand Final Eureka! ITB 2017, diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) pada hari Minggu (05/02/17). Acara yang bertajuk “Innovation for Better Nation” tersebut dibuka pada pukul 08.30 WIB di Aula Barat ITB dengan kata sambutan dari Wakil Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Bidang Akademik. Selain itu, ada juga penampilan para finalis, seminar dan talkshow, dan pertunjukkan untuk meramaikan acara.

Grand Final Eureka! ITB 2017 dimulai dengan opening speech dari Prof. Drs. Abdul Waris, M.Eng., Ph.D. selaku Wakil Dekan FMIPA Bidang Akademik. Dalam sambutannya, beliau menghimbau setiap orang untuk belajar mencintai dan menguasai sains, karena seperti yang diketahui selama ini, bangsa-bangsa yang maju adalah bangsa-bangsa yang unggul dalam ilmu pengetahuan.


Dalam konteks ilmu pengetahuan, riset adalah salah satu jalan untuk menanamkan rasa ingin tahu dan produktivitas dalam diri setiap mahasiswa. Selain itu, produktivitas riset juga merupakan salah satu indikator kemajuan bangsa. Indonesia tentu memiliki cita-cita untuk memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk eskalasi peradaban bangsa dan kesejahteraan rakyat.  Karena itu, melalui kesempatan ini, Grand Final Eureka! ITB 2017 membawakan seminar dan talkshow bertopik “Perkembangan Riset Fisika di Indonesia”. Materi tersebut disajikan oleh ketiga ahli dalam bidangnya (akademisi, birokrasi, dan industri) berdasarkan pandangan mereka masing-masing. Ketiga pembicara tersebut adalah Prof. Dr. Eng. Mikrajuddin Abdullah sebagai Guru Besar Fisika ITB, Dr. L. T. Handoko, M.Sc. selaku Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI, dan Andri Yadi, S.Si. yang merupakan Chief Executive Officer (CEO) dari DyCode & DyCodeX.


Mata acara selanjutnya adalah presentasi dan demo dari 6 besar finalis kompetisi RBL Eureka! ITB. Tema yang diangkat adalah “Envirophysics; Physics Solution for Better Environment” yang memiliki fokus pada solusi fisika berbasis lingkungan. Perlombaan yang digelar bagi siswa SMA/MA/sederajat se-Indonesia tersebut merupakan kompetisi penciptaan produk sederhana lewat kegiatan RBL yang memanfaatkan konsep-konsep fisika dan dapat menjawab berbagai macam permasalahan yang berkaitan dengan isu saat ini. Model, prototipe, atau barang hasil kreasi dan inovasi para siswa dari berbagai daerah itulah yang ditampilkan kepada para peserta acara Grand Final Eureka! ITB 2017. Selain itu, tersedia juga penampilan dari HIMAFI Band dan ITB Jazz untuk menghibur para peserta yang hadir.


scan for download