Dua Dosen ITB Raih Penghargaan Kekayaan Intelektual Tahun 2017

Oleh Gilang Audi Pahlevi

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id – Kedigdayaan kualitas sebuah perguruan tinggi adalah kombinasi dari seluruh elemen civitas akademika yang ada di perguruan tinggi tersebut. Kali ini Institut Teknologi Bandung kembali membuktikan kualitasnya melalui pencapaian yang diperoleh Dr. Eng. Achmad Munir, dosen Teknik Telekomunikasi, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) dan Prof Dr. Satria Bijaksana, dosen Teknik Geofisika, Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM). Masing-masing dinobatkan sebagai Penulis Terproduktif dan Mitra Peneliti Asing Terbaik oleh Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan dalam acara Rapat Kerja Nasional Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi 2017 pada Senin (30/01/17) bertempat di Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.


Kedua penghargaan tersebut merupakan bagian dari Penghargaan Kekayaan Intelektual Tahun 2017. Penghargaan Penulis Terproduktif diberikan kepada penulis yang memiliki publikasi nasional dan internasional terproduktif dan terindeks di Scopus, Web of Science dalam 5 tahun terakhir menggunakan afiliasi Indonesia. Sementara penghargaan Mitra Peneliti Asing Terbaik diberikan kepada peneliti yang bekerja sama dengan peneliti asing yang telah memperoleh SIP (Surat Izin Penelitian) tahun 2010-2015 dan menghasilkan output berupa publikasi yang melibatkan kedua belah pihak.

Namanya Berkibar di Dunia Internasional

Dr. Eng. Achmad Munir tergabung dalam kelompok keahlian telekomunikasi. Risetnya berfokus pada bidang radio, RF propagation, antena, microwave engineering, wave propagation, ultrawide band, metamaterials, electromagnetic compability, dan lain-lain. Berdasarkan data yang diperoleh dari researchgate.net, beliau telah menghasilkan 160 research item yang terdiri dari 29 artikel dan 131 conference paper. Karyanya pun telah disitasi sebanyak 209 kali, diterbitkan di beberapa jurnal bergengsi dunia seperti International Journal on Electrical Engineering and Informatics dan Journal of ICT Research and Applications

Prof Dr. Satria Bijaksana pun tidak kalah hebatnya. Dosen dan peneliti yang tergabung dalam kelompok keahlian geofisika global ini merupakan ahli di bidang rock magnetism, environmental science, magnetic materials, monsoon hingga iklim. Berdasarkan data yang diperoleh dari researchgate.net, beliau telah menghasilkan 65 research item yang terdiri dari 58 artikel, 5 conference paper dan 2 karya dalam bentuk lainnya. Karya beliau telah diterbitkan di jurnal internasional seperti Geological Society of America Bulletin dan Earth and Planetary Science Letters, dan telah disitasi sebanyak 348 kali.

Hadirnya sosok seperti Dr. Eng. Achmad Munir dan Prof Dr. Satria Bijaksana sejatinya adalah pengingat bahwa Indonesia tidak kekurangan ahli dalam bidang ilmiah yang kemampuannya diakui dunia. Hanya saja memang perjalanan untuk memajukan bangsa ini bukanlah hanya tanggung jawab para cendekiawan, melainkan segenap warga negara Indonesia.


Sumber Foto : Bapak Doddy, Publikasi dan Dokumentasi Kemenristek DIKTI


scan for download