Dubes Rumania : Tingkatkan Persahabatan Indonesia-Rumania

Oleh Aldy Kurnia Ramadhan

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id- Duta Besar Republik Rumania untuk Republik Indonesia dan ASEAN, Her Excellency Valerica Epure mengunjungi Pusat Bahasa Institut Teknologi Bandung (ITB) pada Rabu (08/12/16). Kunjungan yang bertujuan untuk lebih memperkenalkan lagi negara Rumania kepada para mahasiswa ITB tersebut turut pula dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kemitraan Prof. Dr. Ir. Bambang Riyanto Trilaksono serta puluhan mahasiswa ITB yang memenuhi ruangan.

Acara dimulai dengan pemberian sambutan selamat datang oleh Prof. Bambang Riyanto kepada Duta Besar Rumania. Dalam sambutannya, Prof. Bambang mengucapkan selamat datang di Bandung dan di ITB. Prof. Bambang juga menjelaskan bahwa ITB merupakan perguruan tinggi teknik pertama dan terbesar di Indonesia yang didirikan pada tahun 1920. Saat ini ITB memiliki 12 fakultas/sekolah yang memberikan pendidikan di bidang teknologi, sains, farmasi, seni, serta manajemen dan bisnis. Saat ini, ITB memiliki lebih dari 20000 mahasiswa yang menempuh studi dari strata-1 hingga strata-3 dengan penerimaan mahasiswa baru sebanyak sekitar 4000 mahasiswa setiap tahunnya. Sebagai salah satu perguruan tinggi unggulan di Indonesia, ITB menekankan pentingnya hubungan kerjasama internasional dengan berbagai pihak dan negara untuk lebih memperkenalkan ITB di mata internasional. Dengan kunjungan ini, Prof. Bambang berharap dapat mempererat hubungan antara ITB dan pihak Republik Rumania.

Sekilas tentang Rumania

Acara kemudian dilanjutkan dengan presentasi mengenai Republik Rumania oleh Duta Besar Republik Rumania, Ms. Valerica Epure. Pertama-tama, Dubes Epure mengucapkan terima kasih kepada pihak ITB yang telah menyambut kedatangannya bersama rombongan. Dubes Epure berharap kunjungan ini dapat meningkatkan kerjasama people-to-people antara Indonesia dan Rumania. Rumania adalah negara yang terletak di Eropa Tenggara di bagian utara Semenanjung Balkan dan berbatasan langsung dengan Laut Hitam. Rumania juga merupakan negara yang tergabung dengan Uni Eropa mulai tahun 2007 dan NATO sejak tahun 2005.

Rumania merupakan negara berbentuk republik dengan penduduk sekitar 20 juta orang pada tahun 2016. Mayoritas penduduk Rumania memeluk agama Kristen Orthodox namun Republik Rumania tetap melindungi dan menjamin hak-hak 40 minoritas lainnya dengan memberikan tempat untuk menyuarakan aspirasi masing-masing komunitas di parlemen. Rumania memiliki alam yang indah serta penduduk yang hangat dan ramah. Rumania terkenal karena penemu vaksin kolera dan insulin berasal dari Rumania. Selain itu, Rumania juga memiliki bangunan terbesar kedua di dunia setelah Pentagon, yaitu Parliament House. Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian presentasi Travel to Romania dan diakhiri dengan makan siang bersama Duta Besar Rumania.

Sumber Foto : Dokumentasi Pribadi.


scan for download