Pameran Karya MCF - MMC 2016: Matematika Bukan Sekedar Angka

Oleh Okta Indah Sulistyorini

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Sebagai salah satu dari rangkaian acara dari Mathematics Modelling Competition dan Mathematical Challenge Festival 2016 (MCF-MMC 2016),  Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) ITB menyelenggarakan Pameran Karya pada Sabtu dan Minggu (24-25/09/16) di CC Timur ITB. Mengangkat jargon It's a Mad Math World, Pameran Karya MCF - MMC 2016 ini memperkenalkan sisi lain dari ilmu matematika dengan mempersembahkan karya berupa pemodelan matematika yang multidisiplin hasil kolaborasi mahasiswa dan dosen ITB.

Matematika, yang seringkali dikaitkan dengan angka dan rumus-rumus yang rumit, menjadikan banyak orang menarik diri dari keingintahuan akan ilmu matematika itu sendiri. Menepis alasan tersebut, Pameran Karya MCF - MMC 2016 menampilkan 76 karya pemodelan matematika yang dikembangkan dari fenomena yang ditemui sehari-hari. Fenomena yang mencakup bidang kesehatan, keuangan, oil & gas, teknologi, dan sosial tersebut dapat diselesaikan dengan analogi bahkan teori matematika. Beberapa judul penelitian yang dipamerkan diantaranya Economic Impact of Education Scholarship, Pendeteksi Aneurisma Otak dengan Matlab, dan Penyebaran Hoax pada grup WhatsApp.


Judul-judul penelitian ini ditampilkan dalam visualisasi berupa poster dan maket. Agar pengunjung dapat terlibat langsung dan memahami pemodelan matematika yang dibuat, pengunjung dapat mendatangi booth simulasi menggunakan perangkat komputer. "Kami ingin menunjukkan bahwa matematika itu bukan cuma angka, kali, bagi, tambah dan kurang saja. Dengan adanya pameran ini kami ingin masyarakat luas tahu bahwa banyak masalah sehari-hari yang bisa diselesaikan dengan matematika," terang Millati Mihda Hayati (Matematika 2013) selaku ketua divisi publikasi, dokumentasi, dan kreatif MCF-MMC 2016. Digelar untuk yang pertama kalinya di tahun 2016 mendampingi rangkaian acara MCF-MMF, pameran ini menyebarkan semangat positif untuk memperkenalkan matematika kepada masyarakat sebagai ilmu yang bersahabat dengan kegunaan dan manfaat yang luas.


scan for download