Berita / Utama

DKV ITB Gelar Lokakarya Sastra dan Ilustrasi Buku Anak

Gracia Isaura Raulina - Rabu, 31 Agustus 2016, 06:42:34
BANDUNG, itb.ac.id - Anak-anak merupakan aset bangsa yang perlu terus dibina dan dibimbing dalam berbagai aspek kehidupan, baik dalam bidang pengetahuan maupun hiburan. Salah satu media yang paling melekat dengan anak-anak adalah buku cerita, khususnya buku cerita bergambar yang pada umumnya ditujukan bagi anak-anak usia belia. Hal inilah yang menjadi fokus utama dari kegiatan lokakarya yang diadakan oleh program studi Desain dan Komunikasi Visual (ITB) bertajuk "Sastra Anak dan Ilustrasi Buku Anak" pada Selasa (30/08/16) di gedung Central for Arts, Design, and Language (CADL) ITB. Kegiatan ini diadakan dengan tujuan untuk berbagi informasi dan pengalaman mengenai sastra dan ilustrasi buku anak dari berbagai sudut pandang, dengan turut mengundang berbagai pembicara yakni Dr. Riama Masian Sihombing selaku dosen dari DKV ITB, Sophie Dawayani, PhD dari Litara Foundation, dan Tati D. Wardi, PhD selaku dosen dari Universitas Islam Negeri Jakarta. Kegiatan lokakarya ini turut dihadiri oleh sekitar 100 peserta dari berbagai latar belakang yang dengan penuh semangat mengikuti setiap mata acara, mulai dari sharing session hingga pameran buku cerita bergambar karya mahasiswa DKV ITB.
Tanamkan Literasi Visual Sejak Dini

Pada era teknologi digital ini, masyarakat dibanjiri dengan bebagai informasi yang disampaikan melalui stimulasi visual, dan pada umumnya anak-anak merupakan target utama dari informasi-informasi tersebut. Akan tetapi, pada usia yang masih sangat belia, anak-anak cenderung belum dapat dengan kritis menilai informasi visual yang mereka dapatkan. Oleh karena itu, literasi visual atau kemampuan untuk memahami ilustrasi dirasa perlu untuk ditanamkan sejak dini.

Penanaman literasi visual ini menjadi salah satu alasan didirikannya Litara Foundation, seperti disampaikan oleh Sophie Dawayani, PhD selaku ketua dari Litara Foundation. Untuk dapat mencapai hal tersebut, khususnya melalui media buku cerita bergambar, kualitas dari buku-buku ini perlu terus ditingkatkan baik dari segi ilustrasi maupun konten. Hal ini juga menjadi perhatian utama dari mata kuliah Ilustrasi dan Desain Buku Anak, yakni untuk semakin meningkatkan kesadaran mahasiswa terhadap buku cerita bergambar serta meningkatkan kualitas ilustrasi dan konten dari buku-buku tersebut.



Tentang Ilustrasi dan Desain Buku Anak

Ilustrasi dan Desain Buku Anak merupakan salah satu mata kuliah pada jurusan DKV ITB yang bertujuan untuk mengajarkan cara membuat desain buku ilustrasi anak dengan mempelajari bentuk buku, jenis buku, karakter, tipografi, teknik ilustrasi, storyboard, dan layout untuk buku cerita bergambar. Awal dari terbentuknya mata kuliah ini didasari oleh banyaknya mahasiswa DKV ITB yang mengambil tugas akhir terkait buku cerita anak, sehingga dirasa bahwa perlu diadakan mata kuliah yang secara resmi membahas mengenai ilustrasi untuk buku cerita anak. Dalam kuliah ini, mahasiswa tidak hanya diajak untuk semata-mata membahas mengenai ilustrasi, tetapi juga ikut serta dalam berbagai aktivitas seperti melakukan riset mengenai koleksi buku milik perpustakaan di beberapa sekolah dasar, melakukan pameran, hingga mengaplikasikan materi kuliah yang telah didapatkan pada kehidupan sehari-hari.