Berita / Utama

MOMBA ITB Jatinangor 2016: Aktif, Sinergis, Harmonis!

Irfaan Taufiiqul Rayadi - Selasa, 23 Agustus 2016, 08:50:05

JATINANGOR, itb.ac.id - Seiring dengan akan digelarnya kegiatan perkuliahan di Kampus ITB Jatinangor, Institut Teknologi Bandung menggelar acara Masa Orientasi Mahasiswa Baru (MOMBA) pada hari Minggu, 21 Agustus 2016. Acara yang berada dibawah bimbingan Direktorat Eksekutif Kampus ITB Jatinangor tersebut dihadiri oleh mahasiswa baru kampus ITB Jatinangor 2016 yang terdiri dari mahasiswa 9 program studi angkatan 2015 dan seluruh mahasiswa ITB Cirebon 2016. Dengan mengusung tema: Aktif, Sinergis, dan Harmonis, MOMBA ITB Jatinangor 2016 bertujuan mengenalkan seluk beluk kampus ITB Jatinangor baik secara akademis maupun non-akademis. Oleh karenanya selain diisi oleh presentasi unit-unit pelayanan terpadu yang ada di kampus ITB Jatinangor, MOMBA ITB Jatinangor 2016 juga dimeriahkan oleh kehadiran Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan penampilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang aktif berkegiatan di kampus ITB Jatinangor.

Kegiatan yang pertama kali diinisiasi pada tahun 2015 ini dimulai dengan kegiatan tur kampus ITB Jatinangor. Seluruh mahasiswa baru kampus ITB Jatinangor diajak berkeliling mulai dari GKU 1, kemudian berturut-turut mengunjungi Prasasti, Laboratorium Kayu, Hutan Arboretum, Instalasi Pengolahan Sampah Terpadu, Gedung Utama, Gedung KOICA, Perpustakaan, Gedung Olah Raga (GOR), Menara Loji, Rumah Jepang, Labtek 1A, hingga kembali lagi ke GKU 1. Tur yang dikemas dalam bentuk jalan pagi mahasiswa bersama dosen ini memberikan kesan harmonis dan kekeluargaan bagi keluarga baru kampus ITB Jatinangor.

Setelah welcoming speech dari Dr. Ir. Wedyanto, M.Sc selaku Direktur Eksekutif Kampus ITB Jatinangor, giliran seluruh Unit Pelayanan Terpadu (UPT) pendukung kegiatan akademis dan kemahasiswaan di kampus ITB Jatinangor yang melakukan presentasi. Mulai dari Lembaga Kemahasiswaan (oleh Dr. Sony Suhandono), Lembaga Konseling (oleh Dr. Ciptati), UPT K3L (oleh Dr. Yogi Wibisono Budhi, ST. MT), hingga UPT Yankes (oleh Dr. Taufikurrahman) masing-masing menjelaskan segala hal yang nantinya akan dibutuhkan oleh para mahasiswa baru ketika menjalani masa perkuliahan di kampus baru ini.

Masing-masing prodi tidak ketinggalan untuk menyambut mahasiswa baru mereka pada kegiatan kali ini,terutama bagi prodi yang baru memiliki angkatan pertama di tahun ini, seperti Teknologi Pasca Panen, Teknik Pangan, serta Teknik Bioenergi dan Kemurgi.MOMBA ITB Jatinangor 2016 ditutup dengan penampilan dan pendaftaran bagi unit-unit kegiatan mahasiswa yang melaksanakan kegiatan perkuliahan di ITB Jatinangor. Setidaknya ada 11 UKM yang ikut menyambut mahasiswa baru kampus ITB Jatinangor, yakni Muslim ITB Jatinangor, KMKK, Degung, MBWG, UBV, LSS, Pasopati, UATM, KPA, serta Unit Kebudayaan Minangkabau (UKM-ITB). Dengan penampilan unit kegiatan mahasiswa ini diharapkan mahasiswa baru kampus ITB Jatinangor tetap dapat menyalurkan kreatifitasnya meski berada jauh dari kampus Ganesha.