ITB Financial Industries Days #1 2016: Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia di Industri Keuangan

Oleh Owen Nixon Jimawan

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Perkembangan Industri Keuangan Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat baik dalam beberapa tahun ini. Hal ini membuat Indonesia harus mengimbangi pertumbuhan tersebut dengan mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan tentunya memenuhi standar. Menyadari bahwa banyaknya alumi ITB yang turut berkontribusi dan berkarir dengan baik di pasar keuangan Indonesia membuat Research Consortium Financial Modeling, Optimization and Simulation (FinanMOS) P2MS ITB, KK Matematika Industri dan Keuangan FMIPA ITB, dan Hired Today Indonesia menyelenggarakan seminar dan juga pelatihan untuk memberikan wawasan mengenai industri keuangan. Kegiatan yang berlangsung di Auditorium Campus Center Timur ITB ini berlangsung selama dua hari, Kamis-Jumat (18-19/08/16).

Kegiatan pertama merupakan seminar yang bertajuk Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri Keuangan: Peluang dan Tantangan.""Mari kita bergerak bersama-sama untuk saling mengisi dan meminimalisasi jarak yang ada antara perguruan tinggi dengan industri keuangan sehingga nantinya dapat membantu pemerintah dalam menyelesaikan masalah yang ada,"ujar Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi selaku rektor ITB ketika membuka acara seminar ini.

Dalam acara ini juga dihadirkan perwakilan dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan), perbankan, asuransi, pasar modal, Bank Dunia, dan juga sektor lainnya yang memberikan informasi-informasi mengenai jenjang karir yang dapat dimiliki mahasiswa di industri keuangan. Seminar ini diakhiri dengan penandatanganan MoA (Memorandum of Agreement) antara Alumni MA ITB dan P2MS ITB untuk mendukung ITB Continuing Education on Capital Market. "Pentingnya kolaborasi antara perguruan tinggi dan industri keuangan dalam mengatasi masalah yang ada supaya Indonesia bisa lebih maju lagi untuk kedepannya," kata Dr. Rieske Hadianti, M.Si. selaku ketua panitia.

Kegiatan di hari selanjutnya adalah edukasi mengenai investasi di pasar saham dengan tajuk "ITB Youth Investment Day". Penyampaian edukasi ini bekerja sama dengan OJK, Bursa Efek Indonesia, dan PT RHB Securities Indonesia. Pada kegiatan ini diberikan pengenalan dan pengetahuan mengenai produk dari pasar modal. Selain itu, peserta juga diajarkan bagaimana menganalisis sebuah saham, baik dengan analisis teknikal maupun analisis fundamental. Acara diakhiri dengan pembukaan rekening saham oleh peserta. Dengan bertambahnya pengetahuan mengenai pasar modal diharapkan para peserta khususnya mahasiswa dapat turut serta berpartisipasi dalam pasar modal Indonesia yang saat ini masih didominasi oleh investor asing.


scan for download