Pembukaan INTEGRASI 2016: Merayakan Momen Kemerdekaan dengan Empati Untuk Negeri

Oleh Okta Indah Sulistyorini

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Bersamaan dengan perayaan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 71, Rabu (17/08/16) menandai hari pertama diselenggarakannya Inisiasi Terpusat Keluarga Mahasiswa ITB 2016 (INTEGRASI 2016). INTEGRASI 2016 merupakan kaderisasi awal terpusat KM ITB yang membawa tema "Empati untuk Negeri" dan akan dilaksanakan selama empat hari hingga Sabtu (20/08/16). Turut hadir dalam kegiatan opening ini diantaranya adalah Rektor ITB, Prof. Ir. Dr. Kadarsah Suryadi; Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (WRAM) Prof. Ir. Bermawi Priyatna Iskandar; Kepala Direktorat Humas dan Alumni, Samitha Dewi Djajanti; dan ketua Lembaga Kemahasiswaan, Dr. Eng. Sandro Mihradi.

Pembukaan INTEGRASI 2016 dimulai dengan upacara bendera hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 71. Upacara yang dilaksanakan di Sarana Olahraga Ganesa (Saraga) kemudian disambung dengan mata acara pembukaan yang berlangsung selama satu jam. INTEGRASI 2016 secara resmi dibuka oleh Rektor ITB, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, melalui sambutan tentang pentingnya kesatuan ITB dan harmoni untuk menjaga keutuhan nilai kesatuan itu sendiri. Sambutan Rektor ITB diakhiri dengan opening act secara simbolis melalui pemukulan gong.

Seusai pembukaan resmi oleh Rektor ITB, peserta INTEGRASI 2016 disuguhkan penampilan apik dari unit Apres! yang menampilkan sekaligus memperkenalkan lagu-lagu kampus sebagai bentuk kecintaan pada bumi Ganesha. Menyusul selanjutnya pengenalan INTEGRASI 2016 dan salam Ganesha oleh Menteri Kaderisasi TPB KM ITB 2016/2017, Maria Paschalia Judith Justiari (Meteorologi 2012).

Menutup rangkaian kegiatan seremonial pembukaan INTEGRASI 2016 adalah orasi dari ketua INTEGRASI 2016, Miqdam Furqany (Teknik Pertambangan 2013) mengenai latar belakang dan visi dari inisiasi akbar tahunan kampus Gajah ini untuk menanamkan empati dalam berkemahasiswaan. Seusai opening mahasiswa baru meninggalkan Saraga dan memulai observasi ke luar kampus sebagai agenda di hari pertama INTEGRASI 2016. Acara pembukaan ini diharapkan dapat memantik nyala semangat mahasiswa baru untuk mengikuti rangkaian acara selama empat hari ke depan dan lebih jauh lagi, untuk senantiasa menghidupkan kampus ITB melalui kegiatan kemahasiswaan.



scan for download