Gelar Gamais Festival 2016, Gamais ITB Ajak Mahasiswa Muslim jadi Generasi Qurani

Oleh Anin Ayu Mahmudah

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Terus menjaga eksistensi dalam dakwah dan menebar manfaat bagi sesama, Keluarga Mahasiswa Islam (Gamais) ITB kembali menggelar acara Gamais Festival pada Minggu, 14 Agustus 2016 di Lapangan CC Timur dan CC Barat ITB. Acara ini merupakan acara tahunan yang kerap diadakan di awal tahun ajaran baru sebagai salah satu rangkaian Penerimaan Anggota Baru (PAB) Gamais sekaligus memberikan training motivasi kepada para mahasiswa baru dalam kaitannya mempersiapkan diri untuk menyambut dunia baru, yakni perkuliahan.

Mengusung tema "Generasi Qurani yang Unggul dan Cendekia", Festival Gamais kali ini mengajak peserta untuk kembali mempelajari Quran dengan baik dan benar serta senantiasa mengaplikasikan ajarannya dalam kehidupan sehari-hari. Acara ini dibuka dengan talkshow yang diisi oleh beberapa pembicara seperti Mahardhika Zein selaku Ketua Kabinet Keluarga Mahasiswa (K3M) ITB dan Ghulam, seorang hafidz Quran, yang berbagi inspirasinya kepada para peserta yang mayoritas adalah mahasiswa baru.

Tidak hanya itu, Gamais Festival 2016 juga menyuguhkan hiburan berupa penampilan musik nasyid dari KISR dan juga stand-stand makanan di Lapangan CC Timur ITB yang dapat dinikmati oleh siapapun yang berkunjung. Sedangkan di Lapangan CC Barat sendiri diisi oleh stand-stand komunitas keluarga muslim dari berbagai fakultas dan jurusan yang mengenalkan identitas komunitasnya masing-masing dan agenda kegiatan yang rutin diadakan, komunitas ini juga sekaligus mengajak para mahasiswa baru untuk bergabung dan mengikuti rangkaian kegiatan di dalamnya.

Seusai waktu istirahat dan hiburan, peserta Gamais Festival 2016 diajak untuk mempelajari bacaan Quran dengan baik dan benar yang dibimbing langsung oleh Ustad Maqdis. Acara ini merupakan salah satu rangkaian acara dari Launching Sekolah Quran ITB yang nantinya akan membantu para mahasiswa muslim ITB untuk belajar membaca Al Quran sesuai dengan tanda baca dan tajwid yang benar. Menjelang waktu sholat dhuhur, pelatihan tahsin oleh Ustad Maqdis ini diakhiri dan para peserta dipersilahkan untuk sholat terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke acara berikutnya.

Penghujung acara dari serangkaian mata acara Gamais Festival ini adalah training motivasi yang diisi oleh salah satu motivator terkenal, Setia Furqon Kholid yang juga dikenal sebagai motivator termuda se- Asia Tenggara. Furqon membuka trainingnya dengan kisah perjalanan hidupnya yang dimulai dari bawah. Ia menceritakan tentang ambisi, doa dan upaya yang telah ia lakoni demi mencapai tujuan-tujuan hidupnya hingga bisa menjadi sukses seperti saat ini.

Furqon memperkenalkan kepada peserta training mengenai strategi sukses kuliah yang dirangkum dalam "SETIA" yaitu (1) Spiritual power; (2) Emotional power; (3) True financial power; (4) Intelectual power; dan (5) Action power. Ia menjelaskan masing-masing poin dengan memberi contoh sekaligus mengajak peserta untuk mulai berubah saat itu juga, dimulai dari menuliskan rencana hidup untuk 10 tahun ke depan hingga menghimpun tekad para peserta supaya tidak lagi membebani orangtua dan mulai hidup mandiri.


scan for download