Berita / Campus Life

PMB ITB 2016: Tapak Langkah Pertama Mahasiswa Baru ITB

Abdiel Jeremi W - Selasa, 2 Agustus 2016, 17:23:07
BANDUNG, itb.ac.id - Kalender Masehi telah memasuki bulan Agustus di tahun 2016 ini. Kampus ITB Ganesha telah diwarnai oleh mekarnya kembang Kolecer yang setia menyambut mahasiswa baru setiap tahun. Langit Agustus yang cerah di atas Bandung juga menyambut kedatangan calon-calon insan akademis ITB dari berbagai penjuru Nusantara. Melangkah ke sisi utara kompleks kampus Ganesha, Direktorat Pendidikan ITB telah memulai Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB tahun ajaran 2016/2017 pada Selasa (02/08/16) pagi ini.

Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) ITB 2016 yang berlangsung sepanjang Selasa-Jumat (02-05/08/16) ini diikuti oleh calon mahasiswa baru program Sarjana (S1) dan program Pascasarjana (S2 dan S3). Sementara calon mahasiswa program Pascasarjana menempati ruang auditorium Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), calon mahasiswa S1 menjalani proses pendaftaran di lantai dua Sabuga. Hari pertama PMB ITB 2016 adalah pendaftaran bagi calon mahasiswa SITH-S, SITH-R, SBM, FTI-G, dan FTI-J. Calon mahasiswa S1 mengantre di sepanjang jalur teduh antara Sabuga dengan Sasana Olahraga Ganesha (Saraga). Semangat ceria terpancar dari wajah calon-calon mahasiswa S1 yang mengantre dan melakukan tahapan-tahapan pendaftaran. Mereka adalah putera-puteri bangsa yang terpilih melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Pertama Kalinya Membuka Enam Kelas Internasional dan Kelas Cirebon

Berdasarkan informasi dari usm.itb.ac.id, calon mahasiswa FTSL, FITB, dan STEI ITB dijadwalkan untuk melakukan pendaftaran di hari berikutnya, Rabu (03/08/16). Di hari ketiga (Kamis), empat fakultas yang dijadwalkan untuk melakukan PMB adalah FMIPA, SF, FSRD, dan FTTM. Jumat (05/08/16) menjadi hari PMB yang unik karena dihadiri oleh calon mahasiswa dari FTMD, SAPPK, dan calon mahasiswa kelas Cirebon.

"Yang baru di PMB tahun ini adalah adanya enam kelas internasional dan kelas Cirebon. Kelas Cirebon terdapat dalam prodi Teknik Industri, Perencanaan Wilayah dan Kota, dan Kriya," ujar Dr. Eng. Yuli Setyo Indartono, selaku Direktur Direktorat Pendidikan ITB. Di sisi lain, keenam kelas internasional yang dibuka oleh ITB terdapat dalam program studi Manajemen, Sains dan Teknologi Farmasi, Farmasi Klinik dan Komunitas, Teknik Kimia, Teknik Mesin, serta Teknik Penerbangan. Menurut Dr. Yuli, jumlah total mahasiswa baru ITB 2016 belum dapat dipastikan hingga PMB ITB 2016 berakhir. Namun, estimasi awal jumlah mahasiswa baru adalah sekitar 4100 mahasiswa. "Di pendaftaran ini, calon mahasiswa telah mencapai tahap pencetakan Kartu Studi Mahasiswa (KSM) dan dipotret untuk Kartu Tanda Mahasisw (KTM)," tutup akademisi asal Semarang ini.

Lebih lengkap mengenai PMB ITB 2016: usm.itb.ac.id

sumber dokumentasi: dokumentasi pribadi