ITB Tuan Rumah Indonesia Career Center Summit 2016

Oleh Mega Liani Putri

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - ITB kembali mendapatkan kehormatan untuk menjadi tuan rumah dari salah satu acara berskala nasional Indonesia Career Center Summit 2016 yang diadakan pada Senin dan Selasa (03-04/05/16). Acara yang diselenggarakan Indonesia Career Center Network (ICCN) bertajuk "Peningkatan Kualitas SDM Indonesia di Era MEA Melalui Penguatan Peran Pusat Karir" berlangsung di Aula Barat dan Aula Timur ITB. Acara tahunan tersebut mengundang seluruh anggota ICCN yang berjumlah melebihi 100 peserta. ICCN merupakan suatu lembaga jaringan yang beranggotakan ketua pusat karir lembaga di seluruh Indonesia. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa pusat karir perguruan tinggi berperan sangat besar dalam mencetak sumber daya suatu penerus bangsa, hal inilah yang menjadi landasan dasar dibentuknya ICCN dan diadakannya acara ini.

Pada Senin, acara dibuka dengan kata pengantar dari Presiden Indonesia Career Center Network yang sekaligus menjabat sebagai ketua ITB Career Center, yakni Dr. Eng. Bambang Setia Budi S.T, M.T., pada pukul 09.00 di Aula Timur ITB. "Indonesia Career Center Summit 2016 ini diharapkan menjadi langkah awal yang dapat diikuti dengan langkah-langkah nyata dan Summit di tahun-tahun berikutnya dengan agenda dan paparan yang lebih riil, nyata, dan matang khususnya menyangkut SDM dan kondisi yang dihadapinya di Indonesia," ungkap Bambang dalam pidato pembukaannya.

Sesi pertama pada rangkaian acara ini diisi seminar oleh  Prof. Didin Wahidin dari Kementistek Dikti yang diikuti dengan sangat antusias oleh para peserta. Kemudian, acara dilanjutkan dengan sesi talkshow di mana peserta dapat berinteraksi dengan narasumber melalui dialog dan sesi tanya jawab yang membahas lebih lanjut mengenai pentingnya pusat karir dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia. Hari pertama Indonesia Career Center Summit ini memang lebih berfokus pada perbincangan antar pemerintah dengan perwakilan pusat karir. "Kami berharap melalui ini kami bisa tahu pandangan pemerintah, dan pemerintah juga bisa tahu masalah kami," ungkap Dewi, salah seorang panitia acara tersebut.

Berbeda dengan hari pertama yang cenderung searah, hari kedua Indonesia Career Center Summit diisi dengan discussion group di mana peserta dibagi ke beberapa kelompok kecil untuk saling sharing perihal pengalaman dan masalah yang dihadapi masing-masing. "Inilah salah satu realisasi jaringan pusat karir, di mana tiap peserta dapat saling membangun dan bertukar pendapat untuk membangun pusat karir perguruan tinggi yang baik secara menyeluruh dan merata," papar salah seorang peserta acara.

Rangkaian acara diikuti dengan sangat antusias oleh setiap peserta termasuk perwakilan dari pusat karir ITB yakni ITB Career Center. ITB Career Center sendiri merupakan kantor yang berada di  bawah Lembaga Kemahasiswaan ITB yang memberi layanan karir bagi mahasiswa dan alumni ITB. Besar harapan bahwa dengan keikutsertaan ITB Career Center dalam Indonesia Career Center Network ini dapat lebih menguatkan pusat karir ITB dalam meningkatkan sumber daya manusia Indonesia khususnya ITB dalam bidang ketenagakerjaan.


ITB Journalist Apprentice 2016
Agatha Victoria (FTI 2015)


scan for download