Teater Apresiasi dan Pameran Karya: Penghargaan Atas Sebuah Perjuangan

By Fatimah Larassati

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Wisuda adalah momen yang dinanti oleh setiap mahasiswa dalam rangka menyambut jenjang kehidupan baru seiring ditutupnya perjuangan mereka menimba ilmu di perguruan tinggi. Mengingat banyaknya usaha dan kerja keras untuk mencapai jenjang tersebut, Panitia Wisuda April ITB 2016 menggelar serangkai acara apresiasi untuk para wisudawan dengan tema "Perfilman Indonesia". Teater Apresiasi dan Pameran Karya yang diselenggarakan pada Sabtu (26/03/2016) di Aula Barat ITB ini merupakan bagian dari rangkaian acara Wisuda April ITB 2016. Dibuka dengan sambutan dari perwakilan Kabinet Keluarga Mahasiswa (KM) ITB, acara yang diketuai oleh Joshua Atmadja (Teknik Informatika 2014) ini kemudian dilanjutkan dengan video apresiasi dari mahasiswa tingkat satu dari masing-masing fakultas dan sekolah, hiburan ringan dari Stand Up Comedian Bandung, serta teater oleh Loedroek ITB.

Loedroek ITB menampilkan pertunjukan tentang dilema seorang sarjana ITB tentang apa yang akan dia lakukan setelah lulus dari ITB. Dalam pertunjukan singkat tersebut ditampilkan beberapa profesi lulusan ITB seperti manajer perusahaan, wiraswasta dan ilmuwan yang ketiganya justru membuat si "sarjana" menjadi bingung karena banyaknya pilihan yang ia hadapi. Akan tetapi di akhir pertunjukan, pemeran memberikan pesan bahwa menjadi lulusan ITB seharusnya membuat seseorang lebih bersyukur karena mereka masih memiliki banyak pilihan, mengingat banyak orang di luar sana yang kurang beruntung dan tidak memiliki pilihan sama sekali.


Teater Apresiasi ini disisipi dengan pesan moral kepada para wisudawan yang akan melanjutkan ke jenjang berikutnya untuk selalu membangkitkan semangat, mengingat arti sebenarnya dari sebuah wisuda dan sadar akan kewajiban yang diemban oleh seorang sarjana. Seusai Teater Apresiasi, pengunjung dapat berkeliling ke stand setiap jurusan di Pameran Karya. Para pengunjung dapat melihat karya-karya wisudawan dari setiap jurusan yang telah menyelesaikan studinya dan menonton video penjelasan mengenai karya tersebut. Pameran Karya ini bertujuan untuk mengekspos hasil karya para wisudawan ke dunia luar, sekaligus pengingat bagi para wisudawan bahwa tugas civitas academica sejatinya adalah mengaplikasikan ilmu keprofesiannya untuk berkarya dan bermanfaat bagi masyarakat.

Anin Ayu Mahmudah (Teknik Kelautan 2013)
Holy Lovenia (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika 2015)
ITB Journalist Apprentice
2016