Atletik Ganesha ITB Selenggarakan Ganesha Runiversity: Tingkatkan Kesadaran terhadap Kesehatan

Oleh Nur Huda Arif

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Kesehatan merupakan hal yang subtansial dan untuk memperolehnya diperlukan usaha, seperti makan makanan yang bergizi dan berolahraga. Namun, biasanya aktivitas olahraga jarang dilakukan oleh khalayak umum dikarenakan kurangnya kesadaran, fasilitas, dan lain sebagainya. Kesadaran akan kesehatan dan olahraga ini perlu ditanamkan sejak muda. Berangkat dari hal tersebut, Unit kegiatan mahasiswa Atletik Ganesha Institut Teknologi Bandung (Bandung) atau yang biasa disebut Atlas menginisiasi terselenggaranya Pekan Raya Atletik Ganesha. Acara ini merupakan serangkaian kompetisi atletik di dalam kampus ITB. Terdapat beberapa cabang olahraga atletik yang diperlombakan dalam pekan raya ini, salah satunya adalah cabang olahraga lari dengan jarak lima kilometer. Kompetisi lari lima kilometer yang dinamai Ganesha Runiversity ini diadakan pada Minggu (20/03/16) di ITB.
"Dengan diadakannya Pekan Raya Atletik Ganesha ini, diharapkan mampu memotivasi mahasiswa ITB dan masyarakat umum untuk lebih giat berolahraga. Selain itu, kegiatan ini juga dapat dijadikan wadah dalam mencari bibit-bibit unggul dalam bidang olahraga atletik", ujar Hana Camelia selaku ketua panitia Pekan Raya Atletik. Walaupun terbilang baru, keberlangsungan acara ini terbilang sukses. Hal ini dapat dilihat dari antusiasme para peserta yang sangat besar sejak dibukanya pendaftaran hingga keberlangsungan acara.

Ganesha Runiversity ini diikuti oleh sekitar tiga ratus orang yang terdiri dari mahasiswa TPB (Tahap Persiapan Bersama) ITB, mahasiswa ITB, mahasiswa umum, serta masyarakat umum. Beberapa hari sebelum diselenggarakannya acara, para peserta harus mengambil sebuah racepack yang terdiri dari BIB, running tee, dan goodybag di Information Center ITB pada 17-19 Maret 2016. Salah seorang partisipan sekaligus juara pertama untuk kategori mahasiswa TPB ITB, Elias Yahya Honasan (Sekolah Bisnis dan Manajemen 2018), menyatakan alasannya mengikuti kompetisi ini, yaitu untuk mencari pengalaman dalam bidang atletik dan ingin mengetahui tingkat kebugaran tubuhnya. Menurutnya, olahraga itu bukan hanya tentang mengolah fisik melainkan juga mengasah softskill. Dengan berolahraga kita belajar untuk tidak mudah menyerah, menghormati orang lain, bekerja sama, mengatur kesabaran dan mengambil keputusan. Secara tidak langsung, olahraga dapat membentuk kepribadian seseorang untuk dapat bersaing dengan sehat.

Bagi setiap peserta yang berhasil mencapai garis finish akan dianugrahi sebuah medali. Acara ini ditutup dengan talkshow yang mengupas topik seputar olahraga dan mahasiswa. Dihadirkan dua pembicara, yaitu Fitri Nur Fadhilah (Putri Bugar Indonesia 2014) dan Tommy Apriantono, M.Sc, Ph.D (Dosen Olahraga ITB). Becermin dari kesuksesan Ganesha Runiversity serta tingginya antusiasme para peserta, panitia berharap acara ini dapat memberikan pengaruh positif dalam mempromosikan pola hidup sehat di kalangan mahasiswa maupun masyarakat sehingga acara ini dapat terus diadakan setiap tahunnya sebagai acara besar tahunan Atletik Ganesha.

ITB Journalist Apprentice 2016
Owen Nixon Jimawan (Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian 2015)
Citta Santi (Sains dan Teknologi Farmasi 2013)

scan for download