Berita /

SAPPK ITB dan MSD University of Melbourne Pamerkan Hasil Kerja Sama Studio di Australia

Vinskatania Agung A - Kamis, 25 Februari 2016, 14:40:07
BANDUNG, itb.ac.id-Pada Rabu (3-10/2/16) silam, 10 mahasiswa Sekolah Arsitektur,  Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) ITB yang terdiri dari 9 mahasiswa Program Studi Rancang Kota dan 1 mahasiswa Program Studi  Arsitektur Lanskap, bersama Prof. Dr.-Ing. Ir. Widjaja Martokusumo selaku Dekan SAPPK terbang ke Negeri Kangguru. Keberangkatan rombongan bertujuan untuk mengadakan kunjungan ke Melbourne School of Design (MSD) University of Melbourne. Dalam kunjungan tersebut turut berlangsung pameran hasil kegiatan Joint Studio SAPPK-MSD ITB yang dilaksanakan di Bandung pada November 2015 lalu.

Pada kunjungan tersebut mahasiswa SAPPK dan MSD melakukan presentasi akhir gabungan. Presentasi mereka dikiritisi oleh sejumlah dosen MSD, yaitu  Prof. Alan Pert (Direktur MSD), Prof. Gini Lee (Landscape Architect), Dr. Gideon Aschwande, Prof. Kim Dovey (penulis buku The Fluid City), dan Prof. Donald Bates (Architect Federation Square Melbourne).

Kegiatan dilanjutkan dengan persiapan pameran hasil studio yang dibuka oleh Prof. Alan Pert pada Senin (08/02/16) dan bertempat di Atrium lt. Gedung MSD. Sebagaimana tertulis di laman resmi MSD, studio ini menjawab pertanyaan akan bagaimana  mendesain dengan adanya informalitas perkotaan. Studio terfokus pada pembangunan perkotaan di sekitar Jalan Dago. Melalui penelitian, kerja lapangan, pengetahuan lintas budaya, dan pemahaman spasial, studio mengeksplorasi kemungkinan desain dan perencanaan di antara celah pengelompokan antara praktik formal dan informal.

Acara tersebut dilaksanakan bersamaan dengan penandatanganan nota kesepahaman untuk kerjasama antara Dekan SAPPK ITB dan Prof. Daryl Le Grew, Dekan Faculty Architecture, Building and Planning, University of Melbourne. Terkait dengan kegiatan pameran, mahasiswa ITB sempat mengikuti kuliah yang diberikan oleh Prof. Donald Bates dan Prof. Kim Dovey. Selain itu dalam waktu dekat sedang dipersiapkan publikasi bersama antara MSD dan SAPPK yang akan memuat substansi kegiatan Joint Studio yang telah dilaksanakan.

Sebelum kepulangannya kembali ke tanah air, para mahasiswa ITB wakil dari kegiatan ini berkesempatan mengunjungi Kantor Pemerintahan Kota Dandenong. Di sana, mereka  mendapat penjelasan tentang sejarah dan perencanaan kota Dandenong yang merupakan Kota Multi-Etnis di Wilayah Negara Bagian Victoria.

Sumber: http://sappk.itb.ac.id/?p=10592, https://msd.unimelb.edu.au/events/msd-sappk-itb-travelling-studios-2015-2016-exhibition