ITB Undang Perwakilan Sekolah Hadiri Sosialisasi SNMPTN 2016

Oleh Teguh Yassi Akasyah

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Kamis (18/02/16), Institut Teknologi Bandung (ITB) selenggarakan Sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016. ITB mengundang seluruh perwakilan sekolah se-Kota/Kabupaten Bandung, Jawa Barat untuk menghadiri acara yang digelar di Gedung Aula Barat ITB. Acara tersebut bermaksud untuk memberikan penjelasan kepada perwakilan sekolah dalam mengikuti SNMPTN 2016, dimulai dari tata cara pendaftaran hingga tahap akhir seleksi. Dahulu, SNMPTN 2016 disebut sebagai seleksi mahasiswa undangan.

"Sosialisasi ini bermaksud untuk memberikan bantuan kepada masing-masing perwakilan sekolah agar tidak terjadi kesalahan tata cara pendaftaran. Panitia Ujian Seleksi Masuk (USM) ITB siap memberikan bantuan kepada seluruh sekolah," tutur Samitha Dewi Djajanti selaku Direktur Hubungan Masyarakat dan Alumni ITB dalam sambutannya membuka acara. Dalam acara tersebut turut hadir Panitia Teknis Penerimaan Mahasiswa Baru ITB, Kurniawan Eko Pamuji dan Irvan Christiawan.

"Secara resmi saya sampaikan jadwal SNMPTN 2016 sayang sekali tidak dapat digeser-geser lagi, meskipun pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) terbatas hingga tanggal 20 Februari 2016 pukul 23.59 WIB, tidak akan ada toleransi lagi mengenai jadwal tersebut, maka dari itu pihak sekolah harus sesegera mungkin mengejar pengisian PDSS," ujar Irvan. Sedangkan untuk pendaftaran SNMPTN akan diselenggarakan pada 29 Februari hingga 12 Maret 2016. "Jadwal diatas sudah disetujui oleh Kemenristekdikti, perlu diingat kita juga akan menghadapi SBMPTN 2016 bagi siswa yang berminat masuk perguruan tinggi. Selain itu kita juga akan menghadapi hari raya idulfitri," tambah Irvan.

ITB selaku salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) untuk tahun ini menggunakan SNMPTN 2016 dan SBMPTN 2016 untuk menerima mahasiswa baru program sarjana tahun 2016 di semua Fakultas dan Sekolah di ITB. Selain dari pelaksanaan SNMPTN 2016 dan SBMPTN 2016 tersebut, ITB tidak menerima mahasiswa baru program sarjana melalui jalur seleksi lain. Sedangkan untuk pendaftaran calon mahasiswa baru program Pascasarjana ITB untuk periode perkuliahan Agustus 2016 dilaksanakan mulai tanggal 10 Februari 2016 dengan ketentuan yang dapat diakses melalui web resmi pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru ITB di usm.itb.ac.id.


scan for download