Berita / Utama

IYEC 2016: Upaya Konkret Wujudkan Kemandirian Energi Bangsa

Vinskatania Agung A - Senin, 8 Februari 2016, 11:03:56
BANDUNG, itb.ac.id - Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia (IATMI) Seksi Mahasiswa ITB kembali menantang anak muda Indonesia untuk berpartisipasi dalam perkembangan isu energi dalam acara tahunannya "IATMI Youth Energy Challenge (IYEC) 2016". IYEC 2016 yang mengusung tema "Mengenal Dunia Migas Indonesia serta Mewujudkan Inovasi Teknologi untuk Kemajuan Industri Perminyakan Indonesia" hadir dalam beberapa mata acara, yaitu Health Fair, Grand Seminar, Technology Design Competition, Petrolmypiad, Energy Research Competition, dan Poster Competition. Rangkaian acara IYEC 2016 telah dilaksanakan sejak Sabtu-Minggu (24/01-07/02/16).IYEC 2016 diawali dengan berjalannya pre-event Health Fair pada Sabtu, 24/01/2016. IATMI SM ITB berkolaborasi dengan Society of Petroleum Engineering (SPE) ITB, dan Himpunan Mahasiswa Teknik Perminyakan (HMTM) "PATRA" ITB merangkul PMI Bandung dan Fakultas Kedokteran Gigi Unpad menyediakan cek kesehatan, cek gigi, dan donor darah gratis. Selanjutnya, pada Sabtu, 06/02/2016 IYEC 2016 menggelar Grand Seminar bertajuk "Memahami Pengembangan Teknologi, Regulasi dan Potensi Energi Nasional Dalam Mewujudkan Kemandirian Energi Bangsa". Seminar ini diisi oleh Dr. Ir. Bambang Widarsono, M.Sc. DIC (Kepala Pusat Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi Le Migas), Ir. Julfree Sianturi (Kepala Bidang Pengembangan Reservoir TOTAL E&P Indonesie), dan Elan Biatoro (Kepala Humas SKK Migas).

Selain itu, pada Minggu, 07/02/2016 IYEC 2016 juga melangsungkan lomba untuk mahasiswa seluruh Indonesia antara lain Technology Design Competition yaitu kompetisi pemecahan masalah pada bidang Teknik Perminyakan terhadap studi kasus yang diberikan, Petrolmypiad yaitu smart competition pada bidang teknik peminyakan, teknik kimia, dan geologi, serta Energy Research Competition yaitu lomba yang berkaitan dengan pemanfaatan energi baru atau modifikasi energi yang ada. Siswa-siswi SMA juga berunjuk gigi dalam IYEC 2016 melalui Poster Competition yang dipamerkan di hari yang sama.

"IYEC 2016 merupakan acara rutin yang bertujuan untuk menciptakan generasi bangsa yang peka terhadap perkembangan energi di negara ini," ujar Jalu Wan (Teknik Perminyakan 2013) dalam sambutannya di Grand Seminar IYEC 2016. Melalui seminar dan kompetisi yang diadakan, IYEC 2016 diharapkan agar dapat mencetuskan solusi dan inovasi baru dari generasi muda terkait isu energi. Ke depannya, Jalu turut berharap agar generasi muda dapat memahami cara mengembangkan energi dan mewujudkan kemandirian bangsa.