Berita / Utama

Terus Berinovasi, ITB Kukuhkan Diri Sebagai Institusi Pendidikan Unggul

Nur Huda Arif - Rabu, 3 Februari 2016, 22:12:54
Bandung, itb.ac.id - Pendidikan merupakan hal yang penting di era teknologi ini, bahkan kondisi suatu negara dimasa depan dapat dilihat dari proses dan keberhasilan pendidikan yang mengiringinya. Dari hal itu, banyak negara terpacu untuk menyelenggarakan pendidikan yang unggul bagi bangsanya. Tidak hanya Amerika Utara dan Eropa yang menjadi kiblat ilmu pengetahuan dan teknologi di masa modern ini, di Asia-pun telah banyak negara yang memberikan prioritas utama bagi penyelenggaraan pendidikan, terutama pendidikan perguruan tinggi. Melalui perguruan tinggi, akan lahir riset, inovasi, dan teknologi yang mampu mendorong kemajuan di berbagai bidang seperti ekonomi, kesehatan, pertanian, pangan, industri, dan lain sebagainya.

Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia terus melakukan peningkatan kualitas pendidikannya. Hal tersebut terlihat dari riset dan inovasi yang selalu dikembangkan ITB melalui kegiatan penelitian yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa. Hasil penelitian-penelitian tersebut telah banyak mewarnai berbagai jurnal ilmiah pun diantaranya telah diterapkan dalam berbagai bidang.  Dengan pencapain yang luar biasa tersebut, ITB semakin dipandang sebagai perguruan tinggi yang unggul di Indonesia dan bersaing di kancah internasional.

Berdasarkan survei beberapa lembaga internasional yang menjadi acuan ulasan perguruan tinggi dunia, seperti: 4icu.org (International Colleges and Universities) dan webometrics.info (Ranking Web of Universities), ITB masih menjadi perguruan tinggi yang unggul di Indonesia. Menurut daftar yang dirilis oleh 4icu.org pada awal tahun 2016 ini, ITB menempati peringkat pertama di Indonesia dan menduduki peringkat ke-57 se-Asia. Untuk hasil survei dan analisis webometrics.info, ITB menempati urutan kedua di Indonesia. Pada tahun lalu, Direktorat Kelembagaan Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Ristek Dikti) juga mengeluarkan daftar pemeringkatan perguruan tinggi di Indonesia. ITB kembali menempati posisi sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia dengan nilai 3.743 (skala 4) dari sekitar 130 perguruan tinggi negeri dan 4000 perguruan tinggi swasta yang ada di Indonesia. Pencapain gemilang ini berkat usaha semua elemen civitas akademika ITB, yang telah melakukan hal terbaik dengan dedikasinya terhadap ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.


Berdasarkan laporan Riset Dikti, ITB unggul dalam aspek riset dan publikasi ilmiah dimana hal tersebut dapat dilihat dari database indeks publikasi Scopus dan jumlah sitasi publikasi ilmiah. Tentu saja pencapaian ini tidak lekas membuat ITB cepat berpuas namun terus memperbaiki diri dan berinovasi dalam ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni serta hal yang tidak kalah pentingnya yaitu agar ITB mampu mengambil bagian dalam memajukan dan menyejahterakan bangsa Indonesia melalui ilmu dan karya-karyanya. Gerakan ini juga terus dilakukan untuk menghadapi perubahan era globalisasi yang begitu cepat. Saat ini, ITB juga bertransformasi menjadi entrepreneurial university untuk memenuhi tuntutan dan kebutuhan entrepreneur di Indonesia yang masih dapat dikatakan minim dibandingkan negara-negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia.