Kongres IA-ITB Jawa Barat Adakan Job Fair Awal Tahun

Oleh Nur Huda Arif

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Setelah lulus dari bangku kuliah, mahasiswa-mahasiswi harus menentukan pilihan antara melanjutkan pendidikan lebih tinggi di jenjang magister, doktoral, atau terjun di dunia karir. Dengan perkembangan keilmuan di Indonesia dan mobilitas manusia yang lebih mudah, semakin banyak mahasiswa-mahasiswi yang telah lulus memutuskan untuk melanjutkan pendidikan tingginya baik di dalam negeri atau negeri orang. Namun, tidak sedikit pula yang memilih untuk menjajaki dunia profesional untuk mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh selama mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Di tengah ketidakpastiaan perekonomian Indonesia saat ini, jumlah kesempatan kerja yang ditawarkan mengalami penurunan, sementara jumlah lulusan dari perguruan tinggi di Indonesia semakin bertambah. Berdasarkan hal tersebut, Kongres Ikatan Alumni - Institut Teknologi Bandung Wilayah Jawa Barat (IA-ITB Jawa Barat) bekerjasama dengan Garuda Organizer menyelenggarakan Job Fair Awal Tahun: Mega Career Expo Bandung 2016, bertempat di Gedung Sasana Budaya Ganesha pada hari Jumat-Sabtu (15-16/01/2016) pada pukul 10.00-16.00 WIB.
Kegiatan Job Fair Awal Tahun ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang diadakan oleh Kongres IA-ITB Jawa Barat. Rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan pemilihan ketua pengurus daerah Jawa Barat telah mulai bulan Desember yang terdiri dari kegiatan Hearing Calon Ketua Pengurus Daerah, Job Fair Awal Tahun, dan Voting Ketua IA-ITB Jawa Barat. Menurut Ketua Penyelenggara Kongres IA-ITB Jawa Barat yaitu Titus Deus P., S.T. (Teknik Pertambangan 2002), tujuan diadakannya Job Fair Awal Tahun ini adalah untuk membantu dan menfasilitasi alumni muda ITB serta masyarakat pada umumnya dalam memperoleh karir yang diinginkan. Kegiatan Job Fair ini diikuiti hingga tujuh puluh perusahaan, diantaranya: Bank Central Asia, Indofood, Smartfren Telecom, dan lain sebagainya.

Ketua Penyelenggra Kongres IA-ITB Jawa Barat menuturkan bahwa kegiatan seperti ini dapat sebagai landasan atau contoh kedepannya, dimana IA-ITB harus memikirkan alumni ITB dari ujung ke ujung dengan melalu berbagi kemanfaatan sehingga secara tidak langsung mampu meningkatkan partisipasi alumni terutama alumni muda dalam IA-ITB karena mereka dapat memarasakan manfaat dan kehadiran IA-ITB. Job Fair Awal Tahun ini diikuti lebih dari seribu alumni ITB dan ribuan masyarakat umum baik dari Bandung maupun luar Bandung. Afif Udin Ahmad (Matematika 2009) yang merupakan salah satu peserta job fair mengatakan, "dengan menghadiri job fair ini, dapat membuka wawasan luas mengenai perusahaan-perusahaan yang menawarkan karir dan membuka perluang kedepannya."

scan for download