Berita / Utama

ISF 2015 Perkenalkan Ragam Beasiswa untuk Mahasiswa

Yasmin Aruni - Rabu, 23 Desember 2015, 17:53:45
BANDUNG, itb.ac.id - Untuk dapat mengenyam pendidikan setinggi-tingginya, akan dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Di saat seperti inilah, beasiswa memiliki peran yang amat besar bagi keberlangsung pendidikan seseorang. Untuk mengakomodasi kebutuhan dari para mahasiswa/i akan keringanan biaya pendidikan juga kehidupan, Kementrian Koordinasi Kesejahteraan Mahasiswa Kabinet KM-ITB 2015 melalui program kerja dari Kementrian Pengembangan dan Apresiasi mengadakan ITB Scholarship Fair (ISF) 2015.

Acara yang diadakan pada Selasa (22/12/15) terbagi menjadi 2 bagian yaitu expo beasiswa di Campus Center (CC) Barat, dan sesi workshop serta presentasi beasiswa di National Building Corner Perpustakaan Pusat ITB. Rangkaian acara yang berlangsung sejak pukul 09.00 - 16.00, disponsori oleh Paragon, Amidis, dan Casio. Selain itu, ISF 2015 kali ini bekerja sama dengan IDP untuk memberikan simulasi IELTS gratis yang diperuntukkan bagi 100 pendaftar pertama. Tidak hanya menghadirkan bermacam instansi pemberi beasiswa, ISF kali ini turut mengundang beberapa lembaga yang mengadakan program kepemimpinan seperti Forum Indonesia Muda (FIM) dan Forum Negarawan Muda.

Beberapa stand beasiswa yang ada di ISF kali ini adalah Karya Salemba Empat (KSE), Djarum Foundation, Beasiswa ITB Untuk Semua (BIUS), Yayasan Marga Jaya Sejahtera, Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI), Tanoto Foundation, Beasiswa Salman ITB, Beasiswa Aktifis Nusantara, dan Paragon. Selain dihadiri oleh lembaga dan instansi yang memberikan beasiswa untuk para mahasiswa S1, ISF 2015 juga menghadirkan booth Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Institut Francais Indonesia (IFI), IDP Indonesia, PPI Finland, Kanazawa University, dan NTU Exchange Program, yang memberikan informasi untuk melanjutkan studi ke luar negeri.

"ISF ini adalah ajang expo dan seminar mengenai beasiswa. Bukan hanya beasiswa yang biasa dan sudah dikenal, tetapi juga kami ingin memperkenalkan beasiswa yang belum diketahui oleh mahasiswa/i ITB. Selain itu, ada juga beasiswa untuk S2 seperti LPDP dan Edlink Connex," papar Adib Hasanawi (Kimia 2014) selaku ketua pelaksana ISF 2015. "Ada empat elemen penting dari ISF tahun ini; beasiswa S1, beasiswa S2 dan luar negeri, exchange, dan leadership program. Kenapa tidak hanya beasiswa saja, karena kami ingin exchange dan leadership program dapat mendukung kemampuan akademis. Dengan adanya program ini, mahasiswa ITB tidak hanya pintar, tetapi juga memiliki kemampuan sosial dan jiwa kepemimpinan yang baik pula," lanjutnya.