Obituari: Prof. Dr. Ir. Budiarto Subroto, DEA

Yasmin Aruni | Minggu, 13 Desember 2015, 10:06:35 | Lihat foto berita ini
BANDUNG, itb.ac.id - ITB kembali kehilangan salah satu dosen terbaiknya, Prof. Dr. Ir. Budiarto Subroto, DEA dosen senior program studi Teknik Industri telah berpulang ke pangkuan Tuhan Yang Maha Esa pada Kamis (10/12/15) di usianya yang ke-71. Kamis sore, segenap staf administrasi dan pengajar dari program studi Teknik Industri, Manajemen Rekayasa Industri, serta Fakultas Teknologi Industri menghadiri pelepasan jenazah di gedung Campus Center (CC) Timur ITB. Seusai acara, jenazah dari alumni Teknik Industri yang lulus pada tahun 1973 ini akan dikebumikan di TPU Cibarunay, Sarijadi.

Budiarto resmi menjadi dosen ITB sejak tahun 1975 hingga pensiun di tahun 2009. Selama menjadi dosen ia mengajar banyak mata kuliah, di antaranya adalah Pemasaran Industri dan Manajemen Pemasaran, sesuai dengan kelompok keahliannya yaitu Manajemen Industri. Telah banyak anak didiknya yang sukses dan kini menjadi "orang". Kabar kepergiannya yang mendadak mengagetkan civitas academica ITB, dan ucapan belasungkawa mengalir dari banyak pihak.

Selama hidupnya, Budiarto telah memberikan banyak karya dan kontribusinya untuk ITB, masyarakat, bangsa, dan negara. Artikel ilmiahnya diterbitkan di jurnal lokal dan internasional, antara lain berjudul "Persepsi Petani Terhadap Kinerja Pupuk Phonska dan Implikasi Terhadap Program Pemasarannya" pada Jurnal Manajemen Teknologi Vol. 4 Mei 2004 ISSN:1412-1700, serta artikel berjudul "Purchase Behavior of Noodles: A Case Study of Effort Primary Food Diversification in Indonesia" (disusun bersama Fauziah Eddyono) dan "Research on Impacts of Customers Satisfaction, Trust, Switching Barriers, and Corporate Image towards Customers Loyalty (Case Study: Telkom Flexi)" (disusun bersama Anita Rahayu) yang keduanya dimuat di International Journal of Science and Technology pada Oktober dan November 2014. Tidak hanya artikel ilmiah, Budiarto juga menerbitkan buku berjudul Pemasaran Industri: Business to Business Marketing. 

Setelah pensiun dari posisi dosen Teknik Industri ITB di tahun 2009, Budiarto masih aktif membantu Universitas Sahid Jakarta sebagai staf pengajar yang dilantik menjadi Guru Besar dalam bilang Manajemen Pemasaran pada tahun 2011, dan menjabat sebagai rektor periode 2011-2015. Selain itu, Budiarto pernah menjabat sebagai Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen dan Pembinaan BUMN Kementerian Perhubungan RI pada tahun 1993-1994, dilanjutkan dengan menjabat sebagai Direktur Utama PT Merpati Nusantara Airlines 1994-1999.

Napak Tilas Pendidikan

Budiarto Subroto lulus dari program studi Teknik Industri ITB pada tahun 1973. Kemudian, beliau melanjutkan studinya ke Université Montpellier I, Prancis untuk mendapatkan gelar magister di bidang Manajemen Finansial pada tahun 1977, dan gelar doktoral di bidang Manajemen Pemasaran pada tahun 1979.

Sudah begitu banyak hal yang dicapai oleh Budiarto selama hidupnya. Tidak hanya memberikan pengajaran dan ilmu kepada mahasiswa/i, ia juga telah berkontribusi bagi negara, dan institusi pendidikan tinggi lainnya yaitu Universitas Sahid Jakarta. Selain aktif di bidang pendidikan, hingga akhir hayatnya Budiarto menjadi bagian dari Board of Commissioner PT Hotel Sahid Jaya Internasional Tbk sebagai komisioner independen dan kepala komite audit.