HMM ITB Adakan Pelatihan Engine Tune-Up bagi Mahasiswa

Oleh Ninik Susadi Putri

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Dalam rangka penyelenggaran Mechanical Festival (MFest) 2016, Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) ITB membuat acara pelatihan engine tune-up yang ditujukan bagi mahasiswa. Acara yang bertempat di Boulevard ITB pada Sabtu (5/12/15) ini merupakan salah satu kegiatan pra acara Mfest 2016. Pada pelatihan engine tune up ini para peserta diajarkan bagaimana cara merawat motor dengan benar. Kegiatan pelatihan ini setidaknya diikuti oleh puluhan mahasiswa ITB yang kebanyakan merupakan laki-laki dan memang tertarik dengan dunia otomotif. Selain memang yang tertarik pada dunia otomotif, banyak juga diantara mereka yang ingin tahu tentang seluk beluk permesinan pada motor. Agar nantinya mereka dapat merawat kendaraan mereka sendiri.

"Acara ini adala media pengenalan kepada masyarakat kampus bahwa merawat motor sendiri itu mudah," ungkap Gregorius Danish Arman (Teknik Mesin 2012) selaku Kepala Departemen Acara MFest 2016. Pada acara ini juga ditampilkan salah satu mobil formula karya tim mahasiswa Teknik Mesin ITB yaitu Mushika FSAE ITB. Pada stand khusus Mushika dijelaskan mengenai permesinan pada mobil tersebut. Mobil formula ini rencananya akan mengikuti kompetisi di Jepang pada 2016 nanti. Selain itu, terdapat pula keterlibatan Jumat Blarr yang merupakan salah satu komunitas motor klasik di Bandung. Dalam acara ini Jumat Blarr memamerkan beragam motor-motor klasik dan memberikan tips-tips bagi mereka yang tertarik dengan motor klasik. Acara yang berlangsung dari pukul 12.00 hingga 20.00 malam ini juga dimeriahkan oleh penampilan dari ITB Jazz dan Apres ITB. Tak ketinggalan, food truck dan beberapa stand makanan juga turut serta untuk meramaikan acara ini. "Harapannya adanya acara ini kita dapat membantu mencerdaskan masyarakat mengenai perawatan motor, dan harapan besarnya adalah sebagai ajang untuk menunjukkan sebenarnya apa saja yang dapat kita lakukan sebagai Teknik Mesin bagi masyarakat," tambah Gregorius. Selain pelatihan ini, HMM ITB juga telah melaksanakan pra acara lain yaitu Donor Darah serta pembukaan pendaftaran kompetisi-kompetisi bagi mahasiswa di seluruh sIndonesia.


Sedikit Tentang MFest 2016

MFest 2016 merupakan acara dua tahunan yang diselenggarakan oleh HMM ITB dalam rangka mengenalkan dunia Teknik Mesin serta memamerkan karya mahasiswa Teknik Mesin ITB kepada masyarakat umum. "Acara ini juga bertujuan untuk mengangkat keprofesian Teknik Mesin sendiri, " tutur Gregorius. Festival ini rencananya akan digelar pada bulan 13-14 Februari 2016. MFest 2016 sendiri terdiri dari berbagai rangkaian acara diantaranya kompetisi, seminar, festival, dan pameran karya mahasiswa serta servis gratis bagi masyarakat. Kompetisi sendiri terdiri dari National Innovation Contest dan Ganesha Robogames. Kedua kompetisi ini ditujukan bagi mahasiswa-mahasiswa di seluruh Indonesia. National Innovation Contest sendiri merupakan sebuah kompetisi dalam mengembangkan inovasi teknologi dalam rangka mewujudkan keamanan dan keselamatan dalam berkendara. Sedangkan, Ganesha Robogames adalah sebuah ajang kompetisi robot dengan tema yang sama dengan kompetisi inovasi teknologi. Dalam acara seminar yang nanti akan diadakan MFest 2016 ingin mengundang Menteri Perhubungan dan Walikota Bandung sebagai pembicara. Menteri Perhubungan dipilih karena sesuai dengan tema MFest 2016 yaitu Smart Commute Development. Dengan mengusung tema "Smart Commute Development" HMM ITB ingin mengembangkan moda-moda transportasi yang lebih baik dan lebih pintar untuk Indonesia. Dengan mengusung tema ini besar harapan di masa depan adanya perkembangan transportasi khususnya transportasi umum yang lebih memadai bagi rakyat Indonesia.


Keterangan lebih lanjut: www.mfestitb.com


scan for download