Unit Tenis Meja ITB, Helat ITB OPEN XVI

Oleh Adhitia Gesar Hanafi

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Unit Aktivitas Tenis Meja (UATM) ITB kembali menyelenggarakan turnamen tahunan bagi pecinta olahraga tersebut. ITB OPEN XVI, hadir untuk mengakomodasi semangat bertanding bagi para atlet dan pecinta tenis meja di seluruh Indonesia. Bertempat di Gedung Olahraga (GOR) Tri Lomba Juang, Padjadjaran, Bandung, turnamen ini diselenggarakan secara meriah dari Selasa-Minggu, (24-29/11/15).

Dibuka secara resmi oleh Sandro Mihradi sebagai Ketua Lembaga Kemahasiswaan (LK) ITB, selain menjadi ajang kumpul bagi para atlet dan pecinta olahraga tenis meja, ITB OPEN merupakan fasilitas pembinaan bibit-bibit baru pemain tenis meja. Diikuti lebih dari 660 peserta, ITB Open kali ini memperebutkan total hadiah sebesar 78 Juta Rupiah, yang terbagi ke dalam 10 nomor pertandingan, yaitu tunggal putera dan tunggal puteri mahasiswa, kadet putera dan kadet puteri, junior putera dan junior puteri, senior putera dan senior puteri, tunggal veteran, dan nomor eksekutif.

Sebagai acara bergengsi tahunan yang senantiasa ditunggu oleh Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Jawa Barat, ITB OPEN telah membuktikan eksistensinya dengan berhasil menarik atensi dari atlet-atlet nasional tenis meja papan atas, seperti Yon Mardiono, Gilang Maulana, Ahmad Dahlan Haruri, Donny P, dan lainnya. Jarak yang cukup jauh tidak menjadi penghalang bagi para pecinta tenis meja untuk turut serta berkompetisi.  Peserta dari Sumatera Selatan, Berau, hingga Makasar, menjadi bukti bahwa ITB OPEN menjadi acara yang ditunggu-tunggu kehadirannya dan memiliki tempat di hati para pecinta olahraga raket ini. Tidak hanya atlet, masyarakat umum pecinta tenis meja turut menjadi saksi akan kemeriahan kompetisi ITB OPEN.

Prestasi pertenismejaan Indonesia yang sempat menurun akhir-akhir ini diharapkan mampu terbangkitkan dengan adanya berbagai turnamen. Melalui ajang seperti ITB OPEN XVI ini akan lahir banyak bibit-bibit pencetus prestasi bangsa ini. Sebagai ketua ITB OPEN, Ichwan Fakhrudin (Teknik Geologi 2013), berharap bahwa ITB OPEN akan tetap ada dan terus berkembang, serta dapat menjadi ajang pelatihan atlet usia dini. Acara ITB OPEN ditutup dengan pembagian hadiah kepada para pemenang oleh Prof. Dr. Edy Tri Baskoro, selaku pembina UATM ITB yang sekaligus merupakan Dekan FMIPA ITB.

Untuk mewadahi minat dan ketertarikan masyarakat akan kompetisi ini, pihak panitia turut mengunggah video highlight dari pertandingan ITB OPEN yang dapat diakses melalui laman http://tenismeja.itb.ac.id/. 

 

Sumber foto: dokumentasi panitia ITB OPEN XVI


scan for download