ITB Tandatangani Nota Kesepahaman dengan Pemerintah Kota Pangkalpinang

By Vinskatania Agung A

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Selasa (01/12/15), ITB resmi bekerja sama dengan Pemerintah Kota Pangkalpinang melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding, MoU) oleh Rektor ITB, Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA. dan Wali Kota Pangkalpinang, M. Irwansyah, S.Sos, M.Si. Upacara simbolik yang dilakukan di Ruang Rapat A Gedung Annex ITB ini mengawali terjalinnya kerja sama formal dalam bidang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dalam kesempatan ini turut hadir Dr. Miming Miharja selaku Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Alumni, dan Komunikasi; Dr. Firmansyah selaku Deputi Direktur Bidang Kemitraan; Prof. Widjaja, Dekan Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) ITB, serta Kepala Dinas Antarkota Pangkalpinang.


Sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Kota Pangkalpinang yakni pembangunan dari waktu ke waktu, upaya untuk mempercepat pembangunan di segala bidang terus dilakukan. Pembangunan tersebut meliputi peningkatan dasar infrastuktur di segala wilayah, SDM, dan ruang terbuka hijau. Selain bertujuan untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup, peningkatan dilakukan guna mendorong pertumbuhan ekonomi untuk meningkatkan daya saing khususnya di Sumatera. "Pangkalpinang adalah pusat penghasil timah. Kini kami sedang giat-giatnya untuk mempercepat wajah kota di bidang pariwisata," ujar Wali Kota Pangkalpinang.Gerakan tersebut juga mendapat dorongan dari Tim Urbane yang dikelola oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Salah satu hal besar yang akan dilaksanakan adalah pembangunan Green Hospital.

Rektor ITB menanggapi kerja sama ini dengan tangan terbuka. Menurutnya, langkah untuk menggeluti bidang pariwisata merupakan langkah progresif karena, mengutip dari Menteri Pariwisata, pariwisata akan menjadi sumber devisa besar bagi negeri ini. Penindaklanjutan dari MoU ini merupakan kegiatan studio arsitektur lanskap dan perancangan wilayah kota di SAPPK pada Selasa (08/12/2015) mendatang bersama University of Florida yang akan berkunjung langsung ke Pangkalpinang.

"ITB bukan hanya untuk ITB, namun juga untuk bangsa ini, khususnya untuk Pangkalpinang," ujar Rektor ITB. Pemerintah Pangkalpinang berharap agar kerjasama ini dapat memberikan peluang lebih bagi Pemerintah Pusat Kota untuk lebih fokus dalam melaksanakan visi dan misi agar dapat menata kota dengan lebih baik lagi.