Etalase Teknologi Terkini di ITB Insight 2015

Oleh Abdiel Jeremi W

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Menjadi salah satu institusi Pendidikan Tinggi yang bergerak pada ranah teknologi, ITB memiliki bermacam-macam wadah bagi mahasiswanya untuk berinovasi, seperti Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ). HMJ di ITB beranggotakan mahasiswa-mahasiswa Program Studi tertentu yang bersatu dalam kesamaan keilmuan dan bergerak bersama demi sebuah inovasi. Banyaknya kegiatan kemahasiswaan merupakan bukti dari aktifnya mahasiswa sarjana ITB dalam menumbuhkan jiwa sosial dan inovasi-inovasi. Layaknya kegiatan kemahasiswaan lainnya, ITB Insight menjawab tantangan yang diberikan kepada tiap insan akademis ITB: membentuk tatanan masyarakat yang lebih baik. Melalui serangkaian kegiatan bertemakan energi, acara yang dihelat oleh Himpunan Mahasiswa Fisika Teknik (HMFT) ITB ini menanamkan nilai-nilai kepedulian lingkungan kepada pesertanya.

Bawa Semangat Pendidikan Efektif demi Indonesia Mandiri
ITB Insight Festival merupakan puncak dari serangkaian kegiatan ITB Insight 2015 yang diawali oleh sebuah Social Movement di Pengalengan. Dilaksanakan selama satu hari (28/11/15) di area kampus ITB Ganesha, Festival ini diwarnai dengan "etalase" berupa wahana-wahana teknologi yang menarik dan dapat dinikmati pengunjung. Laser Tag, Virtual Reality: Rumah Hantu, Soundscape, wahana berjalan diatas air, Makey Makey, Bioskop 4D, RGB Shadow, dan Video Mapping adalah sebagian dari teknologi terkini yang dihadirkan di Insight Festival. Memanfaatkan sifat gelombang elektromagnetik yang teramplifikasi, Laser tag adalah permainan strategi perang yang menggunakan pistol laser sebagai senjata untuk menembak lawan. Wahana Soundscape membawa pengunjungnya menikmati suasana tempat yang berbeda dengan rekayasa akustik yang memainkan suara pada rentang 360 derajat sekeliling pengunjung. Melihat tren berfoto di media sosial, Insight menyediakan wahana RGB Shadow dimana pengunjung yang berdiri di dalamnya akan terpapar lampu berbagai warna, sehingga memiliki bayangan yang berwarna-warni. Setiap pengunjung juga berkesempatan untuk menjajal wahana berjalan di atas air yang memakai prinsip viskositas tinggi non-newtonian fluid saat diberikan tekanan tinggi.

Di samping wahana-wahana yang menunjukkan teknologi terkini, ITB Insight 2015 juga menyuguhkan sebuah seminar yang bertajuk energi terbarukan kepada masyarakat umum. Seminar yang dilengkapi pameran ini memberi wawasan dan menyadarkan masyarakat mengenai seberapa penting sumber energi dan alternatif penggunaannya. Dalam seminar ini, ditampilkan pula beberapa teknologi terkait energi alternatif, sehingga peserta dapat mengetahui cara kerjanya. Dengan menunjukkan teknologi-teknologi terkini dengan menarik dan konseptual, diharapkan masyarakat dapat memaknai proses dalam mewujudkan pendidikan yang efektif.


scan for download