International Education Week 2015: Berbagi Informasi Studi ke Amerika Serikat

Oleh Yasmin Aruni

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Dalam merencanakan studi lanjutan, memilih negara tujuan merupakan salah satu hal yang sulit untuk dilakukan karena diperlukan banyak pertimbangan. Amerika Serikat merupakan salah satu negara dengan kualitas pendidikan tinggi terbaik di dunia, dibuktikan dengan banyaknya universitas yang menempati peringkat tinggi dunia seperti MIT, Harvard, Princeton, dan lainnya. Sebagai sebuah universitas berbasis sains dan teknologi, Amerika Serikat merupakan salah satu tujuan untuk melanjutkan studi di bidang STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) bagi mahasiswa/i ITB.

Pada Rabu (25/11/15), American Corners yang bertempat di lantai 1 UPT Perpustakaan Pusat ITB bekerja sama dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk mengadakan International Education Week 2015. Acara yang dilaksanakan di Ruang Serbaguna Perpustakaan Pusat ITB lantai  1 pada pukul 13.30-16.00 ini menghadirkan alumni Amerika Serikat yang meraih beasiswa Fulbright, yaitu Andika Putra Pratama (International Relations, Director. People and Knowledge Management Research Group, Chair. SBM ITB), Budi Febrinaldy (Structural Analysis Engineer/Training Instruction PT Dirgantara Indonesia(PTDI)), Nita Novianti (English Literature Program, English Education Department at Universitas Pendidikan Indonesia), serta Stevenson Ramsey (English Teaching Assistant (ETA)). Acara serupa diadakan secara serentak di 10 American Corners di universitas seluruh Indonesia.

Pembicara pertama yaitu Nita Novianti, yang memaparkan pengalamannya berkuliah hingga bisa mendapatkan skor TOEFL yang tinggi. "Kalau mau punya skor TOEFL yang tinggi, ya harus latihan terus," tutur Nita. Materi kedua yang diberikan adalah mengenai pengalaman berkuliah di universitas di Amerika, dan adaptasi yang dilakukan.

"Untuk kegiatan American Corners dibagi menjadi dua, yaitu reguler dan insidental. Setiap hari Rabu ada acara yang diadakan dengan American volunteer, sharing topik khusus mengenai budaya-budaya populer, terutama budaya di Amerika Serikat. Selain itu, setiap hari Jumat ada sharing literasi yaitu buku klasik, serta pemutaran film Amerika. Sedangkan acara insidentalnya misalkan seperti acara ini (International Education Week - red), tergantung pada permintaan Kedutaan Amerika," tutur Yoka Adam Nugraha selaku Koordinator Layanan Pemanduan Pemustaka dan Humas UPT Perpustakaan ITB.

 


scan for download