Kuliah Tamu SBM: Rethinking Marketing

Oleh Krisna Murti

Editor -

School of Business & Management ITB kembali mengadakan guest lecturing pada hari Sabtu, 30 April 2005, kali ini menghadirkan Hermawan kartajaya, dari Markplus&Co. Rethinking Marketing:From Intellectual to Emotional and Spiritual Marketing - A Never-Ending Journey of Knowledge Discovery, Begitu judul dari kuliah/Seminar ini. Hermawan yang memulai Acara ini setelah terlebih dahulu dibuka oleh Prof.Surna Tjahjadiningrat - Dekan SBM ITB dan dimoderatori oleh Prof.Aziz - memulai dengan menceritakan perjalanan ia didunia Marketing, bagaimana prosesnya sampai ia bisa diakui menjadi salah satu dari 50 Guru besar marketing dunia. Setelah itu Hermawan menjelaskan mengenai milestone di marketing dan juga Humanity In Business serta memberi saran untuk ITB yang sebaiknya melakukan reposisi guna menghadapi persaingan yang ketat di era globalisasi. Baru setelah itu Hermawan menjelaskan mengenai Spiritual Marketing yang sedang ditekuninya ini. Hermawan juga membicarakan mengenai dasar-dasar dari model marketing yang ditemukannya kemudian juga memberikan contoh applikasi yang menggunakan model tersebut. Beberapa nama perusahaan besar sempat disebutnya. Acara yang dimulai pada pukul 09.00 dan diakhiri pada pukul 12.00 tepat ini, dihadiri oleh sekitar 375 orang peserta yang terdiri dari 70 mahasiswa MBA dan 57 Mahasiswa S1 SBM serta sisanya oleh Mahasiswa S1 & S2 dari ITB. Semula acara ini hendak diadakan di Gedung Auditorium SBM-ITB, tetapi karena keterbatasan tempat dan banyaknya peminat yang ingin datang mendengar kuliah dari Hermawan Kartajaya, maka acara ini dipindahkan ke Aula Barat ITB. Rendy Maulana

scan for download