Berita / Utama

ITB Career Center: Kembali Adakan Titian Karir Terpadu 2015

Ninik Susadi Putri - Rabu, 28 Oktober 2015, 22:22:16
BANDUNG, itb.ac.id - Pilihan antara bekerja atau melanjutkan S2 menjadi salah satu pertanyaan yang banyak dijumpai pada mahasiswa fresh graduate. Banyak mahasiswa yang lebih memilih untuk melanjutkan pendidikan S2 di luar negeri, namun tidak jarang mahasiswa juga memilih untuk bekerja terlebih dahulu. Banyak orang mengatakan bahwa mencari pekerjaan saat ini tidak mudah. Belum lagi Indonesia akan dihadapi oleh Masyarakat Ekonomi ASEAN dimana pekerja asing dapat bebas mencari pekerjaan di Indonesia. Terlepas dari hal tersebut, masih banyak perusahaan-perusahaan yang membutuhkan para pegawai baru untuk menjalankan proses bisnisnya. Oleh karena itu, ITB Career Center kembali mengadakan ITB Integrated Days 2015 atau Titian Karir Terpadu ITB 2015 pada Jumat-Sabtu (23-25/10/15).

Bertempat di Sasana Budaya Ganesha, Titian Karir Terpadu ITB 2015 sendiri merupakan bursa kerja terintegrasi yang menggabungkan promosi, presentasi, pameran, dan aktivitas rekruitasi yang dilakukan perusahaan dalam satu kesatuan. Diharapkan acara ini dapat memberikan manfaat yang maksiman bagi perushaan mitra ITB dan alumni atau mahasiswa ITB serta berbagai perguruan tinggi lainnya. Acara ini memang terbuka bagi siapa saja  yang sedang mencari pekerjaan. Tidak hanya dari kalangan mahasiswa dan alumni ITB, tidak sedikit banyak mahasiswa lain yang berasal dari luar Bandung. Banyak pula diantara mereka yang datang dari Jawa Tengah, Kalimantan, Sumatera, bahkan luar negeri seperti Cina. Antusiasme para pengunjung yang datang ini terlihat dari para pengunjung yang datang. Acara yang berlangsung selama tiga hari ini diikuti oleh hampir 10.000 orang setiap harinya.

Perusahaan-perusahaan yang mengikuti acara ini juga sangat beragam, dari mulai industri perbankan, industri digital, hingga industri kima. Beberapa perusahaan yang terlibat dalam kegiatan ini diantaranya Bank Indonesia, Garena, Shopee, Bank Mandiri, Unilever, dan masih banyak lainnya. Selain perusahaan yang berasal dari dalam negeri, terdapat juga beberapa perusahaan asing yang membuka lowongan pekerjaan. "Acaranya bagus, bermanfaat sekali buat para jobseeker terutama untuk yang baru lulus. Perusahaan yang ikut juga bervariatif dan banyak perusahaan besar," ungkap Annisa Mienda (lulusan Teknik Kimia 2011) yang menjadi peserta acara ini.


Tentang ITB Career Center
ITB Career Center adalah sebuah kantor yang berada di bawah Lembaga Kemahasiswaan ITB.  ITB Career Center memberi layanan karir bagi mahasiswa dan alumni ITB melalui informasi lowongan kerja, magang, tips, konseling karir, serta penyelenggaraan Titian Karir Terpadu yang diadakan dua kali setiap tahunnya. ITB Career Center juga menjembatani para experienced jobseeker dan pihak perusahaan dalam memenuhi kebutuhan tenaga profesional. Dalam memberikan layanan informasi lowongan kerja dan pemagangan, ITB Career Center memiliki sebuah situs yaitu karir.itb.ac.id, serta beberapa media sosial sperti twitter ataupun instragram.  ITB Career Center juga rutin memfasilitasi pelaksanaan rekruitasi berbagai perusahaan di dalam kampus ITB. Hal ini memudahkan para pencari kerja yang berasal dari ITB maupun perguruan tinggi lainnya yang berada di Bandung.

Selain itu, terdapat pula layanan konsultasi dan konseling seputar karir dengan psikolog serta tenaga ahli untuk memudahkan para mahasiswa dan alumni dalam memilih jalur karir yang sesuai. Membawa misi yaitu membangun SDM profesional yang berkualitas tinggi dan memiliki karakter esensial untuk mengatasi tantangan di era globalisasi, serta tetap memiliki kewajiban moral untuk membangun bangsa. ITB Career Center hadir untuk membantu para mahasiswa dan alumni ITB khususnya dalam membangun karir di masa yang akan datang.

Sumber Foto: Dokumentasi Panitia