Berita / Utama

Aerophoria ITB, Metode Pencerdasan Dunia Penerbangan Bagi Masyarakat Umum

Syardianto - Kamis, 22 Oktober 2015, 11:43:01
BANDUNG, itb.ac.id - Bertempat di Car Free Day (CFD) Dago, Bandung, pada Minggu (11/10/15), Keluarga Mahasiswa Teknik Penerbangan (KMPN) ITB mengadakan acara pencerdasan yang bertajuk 'Aerophoria'. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pencerdasan kepada masyarakat umum, khususnya masyarakat yang berkunjung di CFD tentang pentingnya Teknik Penerbangan bagi masa depan Indonesia dan juga tentang safety Pesawat Terbang.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa KMPN membuat dua stan dan satu stan tambahan. Pada stan pertama, mahasiswa KMPN memberikan infografis tentang rute-rute penerbangan domestik dan harga bahan pokok di berbagai wilayah di luar pulau jawa. Di infografis tersebut digambarkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat besar antara harga bahan pokok di pulau jawa dan di luar pulau jawa yang disebabkan karena sulitnya akses transportasi ke beberapa daerah di luar pulau jawa. Di stan ini juga ditayangkan video tentang Teknik Penerbangan. Untuk Stan kedua, Mahasiswa KMPN menyajikan gambar pesawat terbang beserta bagian-bagiannya. Sedangkan di stan tambahan, terdapat quiz seputar Teknik Penerbangan dan tata cara pembuatan glider pelangi.

Tidak hanya melakukan pencerdasan di ketiga stan, mahasiswa KMPN juga berkeliling di sekitar CFD untuk melakukan pencerdasan secara personal kepada pengunjung CFD. Tim armada, tim yang memberikan pencerdasan secara personal tersebut membawa dua topik yaitu topik seputar pentingnya Teknik Penerbangan bagi masa depan Indonesia dan topik tentang safety pesawat terbang.

Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 07.00 hingga jalan Ir. Juanda kembali dibuka ini sangat memberikan kesan positif bagi para pengunjung CFD. Muhammad Supriyanto, salah satu pengunjung CFD mengaku mendapatkan manfaat yang cukup besar dari kedatangan Mahasiswa KMPN untuk memberikan pencerdasan kepada masyarakat yang berada di CFD, "Keren banget," tutur Supriyanto dengan semangat. Pengunjung lain bahkan berharap acara ini dapat dilaksanakan lagi di lain waktu mengingat manfaatnya yang sangat besar.

Harapannya, setelah acara aerophoria ini, masyarakat lebih memahami tentang pentingnya teknik penerbangan bagi masa depan Indonesia. Di samping itu, masyarakat menjadi lebih sadar tentang tingginya tingkat safety dari pesawat terbang.