Luluskan 2397 Wisudawan, ITB Gelar Sidang Terbuka Wisuda ke-1 Tahun Akademik 2015/2016

Oleh Nur Huda Arif

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Setelah berhasil menyelesaikan seluruh kewajiban pembelajaran pendidikan tinggi di bangku perkuliahan maka tibalah pada saat para mahasiwa dan mahasiswi dinyatakan lulus atau wisuda dengan mendapatkan gelar sarjana, magister, atau doktor. Pada Jumat (16/10/15) dan Sabtu (17/10/15), Institut Teknologi Bandung (ITB) menyelanggarkan Sidang Terbuka Wisuda Kesatu Tahun Akademik 2015/2016. Periode wisuda kali ini, ITB meluluskan sebanyak 2.397 wisudawan dan wisudawati dari Program Sarjana, Program Magister, dan Program Doktor. Kegiatan penting ini dihadiri oleh Rektor dan Para Wakil Rektor ITB, Majelis Wali Amanat, Senat Akademik, Forum Guru Besar ITB, Para Dekan Fakultas, Para Ketua Program Studi, Para Dosen, Pejabat Militer dan Kepolisian, Pimpinan Lembaga dan Institusi Mitra ITB, Para Alumni ITB, serta  wisudawan dan wisudawati beserta keluarga yang mendampingi.
Wisuda pertama ini diselenggarkan selama dua hari pada Jumat untuk wisudawan dan wisudawati dari Program Doktor, Program Magister, serta Program Sarjana di lingkungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan Fakultas Teknologi Industri (FTI) dengan jumlah wisudawan wisudawati sebanyak 1.234 orang. Kemudian pada hari Sabtu dilakukan prosesi wisuda untuk Program Sarjana selain Program Studi di bawah naungan FTI dan FMIPA dengan jumlah wisudawan sebanyak 1.163 orang. Dari jumlah total wisudawan tersebut, sebanyak 19 orang wisudawan Proram Doktor, 79 orang wisudawan Program Magister, dan 349 orang wisudawan Program Sarjana memperoleh predikat cum laude. Dalam sambutannya, Rektor ITB Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA menyampaikan pidato dengan tajuk "Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development". Menurutnya, sustainability merupakan kunci dalam agenda pembangunan global yang disebut  Millenium Development Goals (MDGs).

Kemudian Ujang Purnama yang telah terpilih sebagai mahasiswa berprestasi tingkat ITB menyampaikan kata perpisahan mewakili para wisudawan Program Sarjana. Ujang memaparkan bahwa berkuliah di ITB selama 4 tahun bukanlah waktu yang singkat, proses yang cukup lama itu telah menampa para wisudawan menjadi pribadi yang lebih matang. Diakhir pidatonya, dia mengatakan "Spiderman pernah berkata: with great powers comes great responsibility, anak ITB yang memiliki karunia besar dan kesempatan besar tentunya memiliki tanggung jawab yang besar. Kita harus menjadi solusi atas permasalahan bangsa dan menjadi harapan untuk Indonesia yang lebih baik di masa depan." Acara wisuda ini berlangsung dengan khidmat diselingi oleh pembacaan kesan dan pesan yang sangat menarik beberapa wisudawan selama menuntut ilmu di bangku kuliah oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Ir. Bermawi Priyatna Iskandar, M.Sc., Ph.D.

scan for download