ITB Kirimkan 11 Tim PKM Pada Ajang Pimnas Ke-28

Syardianto | Kamis, 15 Oktober 2015, 19:55:59 | Lihat foto berita ini
BANDUNG, itb.ac.id - Salah satu program Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) bersama Program kerja Menteri Riset dan Teknologi Indonesia adalah perwujudan generasi muda yang berinovasi dan berkarya dalam keberagaman untuk kesejahteraan berkelanjutan. Demi mewujudkan misi tersebut dilaksanakanlah program Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) setiap tahunnya. Pekan Kreativitas Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang ke-28 tahun 2015 ini dilaksanakan di Kendari, Sulawesi Tenggara pada Senin-Jumat, 05-09/10/15, diikuti oleh Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia.

Institut Teknologi Bandung adalah salah satu Insititut teknologi terbaik bangsa mengirimkan 11 delegasi handal yang siap berlaga di kompetisi Pimnas ke-28 ini. Dengan menciptakan 11 produk yang inovatif terdiri dari cabang PKM- Penelitian, PKM- Karsa Cipta, PKM- Pengabdian Masyarakat, dan PKM- Kewirausahaan, kesebelasan ITB berangkat dari Jakarta menuju Kendari dengan semangat juang yang tinggi.

Acara yang berlangsung selama 5 hari ini diawali dengan pembukaan seremonial peresmian PIMNAS Ke-28 dengan penampilan tari yang menceritakan asal usul Halu Oleo yang merupakan nama dari Universitas penyelenggara, Universitas Halu Oleo (UHO). Dihadiri oleh Rektor UHO, walikota dan Gubernur Kendari, acara seremonial tersebut berhasil membawa nuansa semangat bagi para peserta.Tidak hanya lomba presentasi produk atau karya, PIMNAS ke-28 juga menghadirkan pameran produk/ karya serta pameran poster yang bertujuan untuk mencerdaskan sekaligus memaparkan kepada khalayak umum terkait karya anak negeri.

Tahun 2015 ini, ITB berhasil menyebet 2 medali perunggu untuk dua cabang lomba PKM yaitu PKM penelitian dengan judul 'Produksi Asam Laktat dari Glukosa dengan Katalis Heterogen Timbal (Pb) γ- Alumina' yang beranggotakan Nursyifa Kamilia (Teknik Kimia 2011), Nabila (Teknik Kimia 2010), Nur Huda (Teknik Kimia 2012), dan Adityo Rio Anggara (Teknik Kimia 2012). Peraih medali perunggu kedua pada bidang PKM Karsa Cipta dengan judul 'Komonergi (Kontrol dan Monitoring Energi), Sistem Monitoring Energi untuk Bangunan Komersial', tim PKM ini terdiri dari Kiki Intan Mayangsari (Teknik Fisika 2011), Agung Prasdianto (Teknik Fisika 2011), Muhammad Taufik Hidayat (Teknik Fisika 2011), Ibnu Widyatmoko (Teknik Fisika 2011), dan Hadi Parmana Piliang (Teknik Fisika 2012).

"Peserta pimnas ITB sangat hebat, semoga Lembaga Kemahasiswaan ITB beserta jajaran lainnya bisa mempersiapkan lebih matang agar kedepannya ITB bisa menjadi Juara Umum pada kejuaraan Pimnas selanjutnya," tutur Djaka (Teknik Penerbangan 2013) sekaligus sebagai Pimpinan Satuan Petugas Pimnas ITB.