Berita / Utama

Resmikan Kerja sama, ITB dan IndonesiaX Rancang Peluncuran Kursus Daring

Vinskatania Agung A - Rabu, 7 Oktober 2015, 00:41:08
BANDUNG, itb.ac.id - Terhitung sejak Jumat (02/10/2015), ITB resmi menjalin kerja sama dengan PT Education Technology Indonesia (IndonesiaX) melalui ditandatanganinya nota kesepahaman antara kedua pihak. MoU terebut ditandatangani oleh Presiden Direktur IndonesiaX Lucyanna Pandjaitan, Rektor ITB Prof. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA, dan Ketua Dewan Penasihat IndonesiaX Prof. Dr. Ir. Muhammad Nuh, DEA. Peresmian kerja sama ini mengawali koneksi ITB sebagai salah satu penyedia pembelajaran online gratis yang akan dimuat di www.indonesiax.co.id. 

IndonesiaX merupakan sebuah platform independen penyedia pasif massive open online course (MOOC) atau kursus daring terbuka besar-besaran. MOOC IndonesiaX tersaji dalam sistem manajemen belajar yang didesain khusus untuk masyarakat Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mengaktualisasi visi Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan akses masyarakat  kepada pelatihan bersertifikat dan pendidikan terbaik. Pembukaan situs edukatif ini diharapkan dapat menjadi sebuah sarana belajar guna membuka kesempatan bagi siapa saja yang terhubung dengan internet untuk mengikuti pendidikan berkualitas tanpa terbatas akan ruang dan waktu, mengingat tren pengguna internet kini telah meroket.

Pada tahap awal, ITB akan menyediakan MOOC 'Introduction to Engineering and Design'. Rencananya MOOC ini akan segera ditayangkan dalam waktu dekat. "Kursus online gratis ini mendemokratisasi cara belajar. Masyarakat luas kini dapat mengikuti pendidikan dari dosen ITB," tutur Lucyanna. Menimpali hal tersebut, Rektor ITB sependapat bahwa ITB bukan hanya untuk mahasiswa ITB namun juga masyarakat Indonesia. Menurutnya, sistem dari IndonesiaX dapat mewujudkan pendidikan yang lebih merata.

Diluncurkan pada 17 Agustus lalu, pendaftar kursus IndonesiaX kini telah mencapai lebih dari 17.000 pengguna. IndonesiaX menargetkan materi daring sebanyak mungkin untuk dapat diakses. "Kerja sama strategis dengan ITB dapat menjadi langkah awal bagi setiap perguruan tinggi terdepan lainnya untuk membagikan pengetahuan kepada masyarakat luas melalui sistem ini," ujar Muhammad Nuh.