Membangun Keunggulan FTMD ITB Dengan Semangat Solidarity Forever

Oleh Syardianto

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Bangsa Indonesia sudah menetapkan pencapaian daya saing kompetitif perekonomian berlandaskan keunggulan sumber daya alam dan sumber daya manusia berkualitas serta kemampuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang terus meningkat. Ditegaskan kembali dalam Sasaran Strategis Kemenristek Dikti 5 tahun mendatang yaitu Peningkatan mutu Pendidikan Tinggi dan Hilirisasi hasil Penelitian. Diperkuat dengan konsep Universitas Generasi Ketiga yang bertumpu pada pendidikan, riset dan komersialisasi hasil Litbang.

Untuk dapat mendukung kemajuan bangsa tersebut maka Institut Teknologi Bandung (ITB) harus menjadi yang terbaik, dan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) bersama seluruh Alumninya harus bersatu padu membangun kemampuan berbagai sumber daya meliputi manusia, fasilitas dan keuangan. Bersama seluruh Alumni untuk wujudkan FTMD masuk dalam Universitas Generasi Ketiga tersebut.Reuni akbar FTMD tahun 2015 kali ini dilaksanakan di Gedung Graha Widya Bhakti, Puspiptek, Serpong pada Sabtu (26/09/15), dihadiri oleh alumnus FTMD dari tahun 1953 hingga sekarang di tiga himpunan kemahasiswaan yakni Ikatan Alumni Mesin (IAM) ITB, Ikatan Alumni Penerbangan (IAP) ITB, dan Keluarga Alumni Material (KAM) ITB.

Acara yang dimulai dengan kegiatan jalan santai bersama sebagai ajang perekatan silaturahmi antar sesama generasi FTMD ini menyajikan seminar Future Plan FTMD. Fokus ke masalah perbaikan proses pendidikan melalui akreditasi internasional yang memerlukan revitalisasi laboratorium, dan pembicara dari Kementerian terkait, dilanjutkan dengan diskusi paralel dengan beberapa tema Universitas Generasi Ketiga. Dengan kehadiran lebih dari 600 orang alumni yang datang dari berbagai kota, tidaklah berlebihan apabila reuni kali ini bisa disebut sebagai 'Reuni terakbar FTMD tahun 2015'.

Hari Tjahjono selaku ketua acara menuturkan bahwa acara ini diisi dengan FGD mengenai entrepreneurial university, sinergi untuk membangun IndonesianiesMe, Mesin Entrepreneur Club (MEC), serta pameran perusahaan-perusahaan yang dipimpin oleh alumni FTMD ITB.
"MEC bertujuan untuk membantu alumni FTMD ITB dalam mengembangkan kemampuan technopreneur mereka. Bantuan yang diberikan dapat berupa modal dan saran-saran dari alumni yang sudah berpengalaman," tutur Hari.

Dalam Reuni Terakbar FTMD Tahun 2015 inilah saatnya semua pemangku kepentingan terlibat untuk merumuskan FTMD yang lebih baik di masa depan. Selain acara seminar, diskusi dan jalan santai, panitia juga menyelenggarakan acara hiburan yang memberikan suasana hangat seperti  menyanyi, sendau gurau, nostalgia dan makan bersama, dengan semangat khas 'Solidarity Forever', tiada rintangan yang sanggup menghalangi kita.

 

Oleh : Muhammad Fazlur Rahman (Aeronotika Astronotika 2013)


scan for download