ITB dan YPM Salman Selenggarakan Ibadah Sholat Idul Adha

By Mega Liani Putri

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Idul Adha 1436 H / 2015 M jatuh pada hari ini, Kamis (24/09/15). Dalam rangka hari raya umat Muslim tersebut, ITB mengadakan pelaksanaan ibadah sholat Idul Adha di Lapangan Campus Center bersama Yayasan Pembina Masjid (YPM) Salman. Civitas academica dan masyarakat sekitar ITB berbondong-bondong untuk menunaikan sholat Idul Adha berjamaah yang dimulai pukul 06.30 WIB.

Pelaksanaan sholat Idul Adha diimami oleh guru besar Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) Prof. Dr. Ir. Suwarno yang kemudian juga menyampaikan khutbah dengan judul "Nabi Ibrahim A.S.: Teladan yang Indah". Beliau menyampaikan berbagai hikmah dari kisah Nabi Ibrahim A.S., tidak hanya peristiwa berkurban tetapi kehidupannya secara umum yang patut diteladani. Saat khutbah berlangsung panitia penyelenggara ibadah sholat Idul Adha mengumpulkan sedekah dari para jamaah. Nominal sedekah jamaah ITB pagi itu adalah 46.682.950 rupiah, dilansir oleh panitia Bandung Adha Festival 1436 H Masjid Salman.

Setelah rangkaian sholat Idul Adha selesai, YPM Salman mengadakan proses penyembelihan hewan kurban di halaman masjid. Terdapat 20 ekor sapi an 43 ekor kambing/domba yang dikurbankan hari itu oleh para muqarib (orang yang berkurban). Sejumlah daging yang dikurbankan akan dibagikan oleh YPM Salman ke masjid-masjid di sekitar Bandung, terutama di daerah terpencil, krisis aqidah, dan krisis sosial.

Bandung Adha Festival 1436 H sendiri akan dilaksanakan pada Minggu (27/09/15) bertempat di kompleks Masjid Salman ITB. Tidak hanya untuk massa kampus ITB, tetapi acara ini terbuka untuk umum terutama warga Kota Bandung. Panitia menyiapkan sate dan gule gratis untuk disantap bersama.

Dalam semarak Idul Adha, Kabinet Keluarga Mahasiswa ITB (KM ITB) bersama Keluarga Mahasiswa Islam (Gamais) juga menyelenggarakan rangkaian acara spesial. Pertama, Qurban Adventure, yaitu penyempelihan hewan qurban yang diselenggarakan pada hari ini (24/01/15) di Desa Talegong, Garut Selatan. Kedua, 1000 Sate 1 ITB, acara pembagian sate gratis kepada mahasiswa ITB pada hari Senin (28/09/15) di area kampus ITB Ganesha.

 

Sumber gambar: stei.itb.ac.id