Inpiration Point KM ITB: Sebuah Titik Awal untuk Bergerak

Oleh Natasha Agustina

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Kabinet Keluarga Mahasiswa ITB kembali mengadakan kegiatan inspirasional bernamakan Inspiration Point (IP). Bertajuk "Sebuah Titik Awal Untukmu Bergerak!", IP pertama ini diadakan pada Selasa (22/09/15) di Ruang Audiovisual Perpustakaan Pusat ITB. Sebanyak 250 peserta yang berasal dari berbagai program studi dan angkatan di ITB memenuhi  acara tersebut untuk mendapatkan sharing pengalaman dari para pembicara yang sangat menginspirasi.
Mengusung topik Going Abroad, IP pertama ini mendatangkan Rahmansyah, mahasiswa Pasca Sarjana Fisika ITB selaku koordinator Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) ITB dan Luthfi (Biologi 2011) selaku mahasiswa pertukaran pelajar di Universitas Kanazawa pada 2014 sampai 2015. Acara yang berbentuk talkshow  ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa-mahasiswa ITB yang sedang berburu beasiswa untuk melanjutkan kuliah baik di dalam negeri maupun luar negeri. Rahmansyah menjelaskan syarat dan sistematika pendaftaran LPDP serta tips dan tricks untuk meraih beasiswa tersebut.

Tak halah seru dengan pembicara yang pertama, Luthfi yang akrab disapa Dito juga sangat memotivasi para peserta untuk mengikuti program-program pertukaran pelajar yang cukup banyak ditawarkan bagi mahasiswa ITB. Dito yang merupakan salah satu dari tiga orang yang berangkat ke Jepang untuk kulah di Universitas Kanazawa Jepang selama satu tahun ini berbagi banyak pengalaman ketika menjalani aktivitas di Jepang mulai dari  aktivitas kuliah dan riset sampai dengan aktivitas kehidupan sehari-hari di Jepang.

Seputar Inspiration Point

Inspiration Point (IP) merupakan program kerja dari gabungan lima kementrian dibawah Kabinet Keluarga Mahasiswa ITB, yaitu Kementrian Pengembangan dan Apresiasi selaku koordinator IP, Kementrian Kebutuhan Dasar, Kementrian Inkubasi Karya, Kementrian Riset dan Teknologi, dan Kementrian Kewirausahaan. Menurut Hakim Ginanjar (Teknik Material 2011) selaku Menteri Pengembangan dan Apresiasi, kegiatan IP ini bertujuan untuk berbagi informasi kepada mahasiswa-mahasiswa ITB untuk membantu pengembangan diri mahasiswa ITB.  Karena kegiatan IP ini merupakan gabungan dari lima kementrian, topik yang akan disajikan setiap minggunya akan berbeda-beda dan mencakup tujuan dari kelima kementrian. Bentuk kegiatan juga akan berbeda-beda seperti talkshow, workshop, dan diskusi. Hakim berharap semakin banyak massa kampus yang dapat menerima manfaat dari kegiatan ini.

scan for download