Pemprov Jabar Berikan Beasiswa Bagi 227 Mahasiswa ITB

Oleh Luh Komang Wijayanti Kusumastuti

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id- ITB bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah memberikan bantuan dana pendidikan. Beasiswa tersebut merupakan tahun anggaran 2014 yang diberikan khusus kepada mahasiswa yang berasal dari Jawa Barat di Institut Teknologi Bandung. Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat telah menyediakan beasiswa dalam bentuk beasiswa bantuan pendidikan, beasiswa PAGM (Pemuda, Atlet/ Kel. Atlet, Guru, dan Medis), dan Beasiswa Bantuan Tuhas Akhir. Dana tersebut sebesar 1,6 miliar rupiah yang diberikan kepada 227 orang mahasiswa.

Sebanyak 169 orang mahasiswa S1, 56 orang mahasiswa S2, dan 2 orang mahasiswa S3 yang menerima beasiswa tersebut. Sebelumnya telah dilakukan seleksi bagi seluruh mahasiswa ITB yang berasal dari Jawa Barat pada tahun akademik 2014/2015. Ketentuannya antara lain merupakan mahasiwa yang terdaftar dan aktif sebagai mahasiswa S1, S2, maupun S3 yang merupakan penduduk Jawa Barat, berkelakuan baik, tidak sedang menerima beasiswa lain, dan diutamakan dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi.


Pemberian beasiswa ini telah dituangkan dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan ITB. Penerima beasiswa telah ditetapkan melalui surat keputusan rektor pada Januari lalu. Beasiswa tersebut telah diterima masing-masing penerima beasiswa. Sebanyak 134 mahasiswa program sarjana menerima masing-masing sebesar enam juta rupiah dan 46 mahasiswa program Magister menerima sebelas juta rupiah berupa Beasiswa PAGM.


Jumlah yang sama juga diterima oleh 20 mahasiswa program sarjana dan 8 orang program magister dalam bentuk Beasiswa Pendidikan. Sementara itu, Beasiswa Tugas Akhir diterima oleh 15 mahasiswa program sarjana sebesar masing-masing lima juta rupiah, dua mahasiswa program magister sebesar sepuluh juta rupiah, serta dua mahasiswa program doktor menerima sebesar 15 juta rupiah. Dana sejumlah Rp 1.642.965.000 telah ditransfer oleh Kasda Provinsi Jawa Barat kepada 227 orang mahasiswa ITB sebagai bagian implementasi Jawa Barat dalam pengalokasian anggarannya dalam pendidikan.


scan for download