Kokesma ITB Raih Predikat Koperasi Pemasaran Terbaik

Oleh Adhitia Gesar Hanafi

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Gerakan ekonomi rakyat saat-saat ini hangat diperbincangkan dalam berbagai kajian dan forum ekonomi. Bukan tanpa alasan ekonomi rakyat menjadi isu yang sedang naik daun saat ini. Kondisi perekonomian Indonesia yang menurut sebagian pihak terlalu bergantung pada pihak asing, menuntut Indonesia untuk memiliki suatu wadah pergerakan ekonomi yang berbasis kerakyatan. Banyak pihak berpendapat bahwa koperasi sebagai badan hukum, mampu menjadi motor penggerak dan memberdayakan unit-unit usaha mikro.

Untuk mewadahi semangat pergerakan koperasi dilingkungan mahasiswa ITB, Koperasi Kesejahteraan Mahasiswa (Kokesma) ITB menjadi suatu wadah alternatif bagi para mahasiswa ITB untuk belajar berkewirausahaan sekaligus berorganisasi untuk mempertajam soft-skill. Menurut salah satu anggota aktif Kokesma ITB, Vermona (Planologi 2014), berkecimpung di Kokesma ITB memberikan ilmu bagaimana untuk melakukan manajerial terhadap karyawan sekaligus mengontrol unit usaha. Senada dengan Vermona, Aida Fitriana (Planologi 2014) memaparkan bahwa Kokesma memberikan kesempatan besar bagi para anggotanya untuk menangani koperasi secara langsung.

 

Kerja Keras, Buahkan Predikat Koperasi Pemasaran Terbaik

Berkat kerja keras dari seluruh anggota aktif Kokesma, predikat koperasi pemasaran terbaik dari Dinas Koperasi dan Perdagangan Kota Bandung berhasil disabet Kokesma ITB pada tahun ini. Penghargaan diberikan secara langsung oleh Walikota Bandung, Ridwan Kamil, pada Bulan Agustus di Gedung Sembik, Jalan Soekarno Hatta Bandung. Kokesma ITB berhasil mengungguli koperasi mahasiswa perguruan tinggi lain seperti koperasi mahasiswa Enhai Bandung, Universitas Padjadjaran (Unpad), dan koperasi mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), serta berhasil menyisihkan berbagai koperasi non-mahasiswa yang ada di Kota Bandung.

Predikat koperasi pemasaran terbaik diberikan pada Kokesma ITB, karena Kokesma ITB dinilai unggul dalam berbagai aspek penilaian yang meliputi, ketepatan waktu dalam melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT), ketertiban dalam hal laporan keuangan, Kebaikan dalam pengarsipan data hingga lima tahun kebelakang, omset usaha yang dinilai baik, serta kepatuhan pada hukum dan peraturan yang berlaku, dengan meninjau ketaatan perilaku membayar pajak, dan manajerial karyawan.

 

Kokesma Terus Berbenah Diri Guna Mewakili Bandung Pada Tingkat Nasional 

Sebagai koperasi pemasaran terbaik di Kota Bandung, Kokesma ITB dipersiapkan untuk mewakili Kota Bandung pada tingkat nasional. Sebagai ketua Kokesma saat ini, Mohamad Hanifan (Teknik Fisika 2012), menuturkan bahwa Kokesma ITB akan terus memperbaiki kekurangan-kekurangan administrasi yang ada sebagai suatu badan hukum dan badan ekonomi yang legal, serta akan terus berusaha untuk menjadi koperasi yang profesional.

Dengan empat buah unit bisnis yang sudah dikenal luas oleh civitas akademika ITB, yaitu Kantin Barat Laut (KBL), unit usaha JNE-ITB, Toko Kesejahteraan Mahasiswa (Tokema) Ganesha, dan Tokema Jatinangor, Kokesma ITB selain menjadi wadah bagi para anggotanya untuk belajar, unit usaha Kokesma ITB turut menjadi sumber mata pencaharian bagi 24 karyawan unit usaha tersebut.

Sebagai pimpinan bidang unit usaha, Ridho Akbar (Fisika 2012), menuturkan bahwa Kokesma ITB sedang mempersiapkan diri untuk membuka unit usaha baru, yaitu unit usaha produksi dan pemasaran. Melalui unit usaha ini, Kokesma ITB siap menerima berbagai macam pesanan vendor pakaian, pesanan aksesoris ataupun atribut lainya. Unit usaha ini turut didukung oleh ahli desain yang siap membuat design sesuai dengan permintaan dari konsumen.

 
Sekilas Mengenai Kokesma ITB

Gagasan awal yang mendasari berdirinya Koperasi Kesejahteraan Mahasisa (Kokesma) ITB yaitu kesadaran akan perlunya suatu wadah yang dapat mewujudkan aspirasi, kreativitas, dan idealisme di bidang ekonomi, organisasi, sertas memupuk budaya co-operative dikalangan mahasiswa. Untuk mendasari perkembangan kegiatan dan ruang geraknya, ditetapkan Tri Matra Kokesma ITB sebagai visi dalam garis besar yang harus dilaksanakan. Tri Matra Kokesma-ITB meliputi student basic needs, profession study needs, dan idealism leadership study needs. Dengan mengusung visi "Kokesma ITB menjadi koperasi yang berkembang, bersahabat, dan bermanfaat," Kokesma ITB memiliki enam buah misi yang menopang visi tersebut.

Saat ini, Kokesma ITB memiliki anggota aktif lebih dari 140 orang. Seluruh anggota aktif Kokesma ITB tersebut, aktif berkegiatan dan terbagi kedalam enam buah bidang, yaitu personalia yang melakukan manajerial karyawan, usaha, Pengembangan Manajerial Sumberdaya Manusia (PMSDA), kesekretariatan, keuangan, dan eskternal sebagai perantara penghubung Kokesma ITB dengan lembaga luar.

 

Sumber foto: Kokesma ITB (kokesma.itb.ac.id)


scan for download