Pasopati ITB Gelar Kompetisi Panah Taraf Nasional

Oleh Cintya Nursyifa

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Eksistensi Pasopati (unit olahraga panah ITB) kini semakin diakui. Setelah sukses menggelar Ganesha Open (GO) pada tahun 2013, tahun ini para aktivis Pasopati kembali mengembangkan sayapnya sebagai organisasi panah yang mumpuni. GO tahun ini di gelar selama 4 hari (18-22/07/15) bertempat di Siliwangi Indoor Tennis Court Bandung, dan diikuti oleh 400-an peserta yang memperebutkan penghargaan utama dari Ganesha Open dan Piala Menpora (Menteri Pemuda dan Olahraga), spesial dalam GO kali ini.

"Ini Ganesha Open ke-6, sebelumnya Ganesha Open diadakan tahun 2001, 2004, 2005, 2010, 2013," ungkap Natasha, mahasiswi Planologi angkatan 2013 selaku Ketua Divisi Publikasi Ganesha Open 2015. Ajang yang dirancang pertama kali di tahun 2000 ini secara rutin diperbaharui Mulai dari jangkauan lingkup peserta, hingga lingkup apresiasi. Untuk event tahun ini saja sedikitnya 415 peserta berpartisipasi dalam Ganesha Open 2015. Lebih banyak dari tahun lalu, sejumlah 298 orang. Panitia pun sangat terkesan melihat bibit-bibit pemanah yang masih muda dan sangat berbakat dari beberapa daerah.

Ganesha Open untuk Nusantara

Ganesha Open 2015 mengerucut ke arah nasionalisme, dengan begitu terselipkan tujuan untuk menuangkan semangat juang para pemuda ke dalam olahraga yang mengandalkan busur dan anak panah tersebut. Selain itu ikatan kebangsaan antar suku akan semakin erat dan hangat. Hal ini diwujudkan oleh antusiasisme panitia dan pesertanya yang bisa memperluas lingkup peserta untuk mencangkup wilayah Sumatera, Jawa, Sulawesi, dan Papua.


scan for download