Sambut 70 Tahun Republik Indonesia, ITB Adakan Upacara Bendera

Oleh Fatimah Larassati

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Genap 70 tahun usia Indonesia sekarang, usia yang cukup matang bagi suatu negara yang berdaulat. Gelora kemerdekaan tahun ini pun lantas menggaungkan tema "Ayo Kerja: 70 Tahun Indonesia Merdeka Akan Dimulai" bagi seluruh rakyat terutama putra-putri harapan bangsa untuk melakukan pergerakan demi Indonesia yang lebih baik. Sivitas akademika ITB turut memaknai euforia kemerdekaan dengan melaksanakan upacara peringatan pada Senin (17/08/15) di Sasana Olahraga Ganesha (Saraga). Upacara yang dimulai pukul 7.30 pagi hari ini dihadiri oleh Rektor ITB, jajaran staf akademik, serta para mahasiswa baru angkatan 2015. Selain itu, Paduan Suara Mahasiswa (PSM) ITB dan Marching Band Waditra Ganesha (MBWG) ITB  juga turut diundang untuk mengisi rangkaian upacara.

Mulainya upacara kali ini ditandai dengan masuknya Rektor ITB, Prof. Kadarsah Suryadi, selaku pembina upacara ke lapangan. Pengibaran bendera kemudian dilakukan oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dengan tiga orang penggerek bendera yaitu Bintang Azhari (Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian 2015), Fachryan Husaini (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika 2015), dan Kevin Cindi Prasetyawan (Sekolah Bisnis Manajemen 2015) serta Syafira Pramesti (Fakultas Teknologi Industri 2015) sebagai pembawa baki bendera. Pengibaran bendera diiringi dengan lagu Indonesia Raya oleh kolaborasi antara PSM ITB dan MBWG. Kemudian upacara dilanjutkan dengan pembacaan teks pancasila dan teks proklamasi serta penampilan dari kelompok paduan suara yang menyanyikan lagu "Hari Merdeka".


Rangkaian upacara juga diisi dengan pembacaan penerima penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 tahun, 20 tahun, dan 10 tahun sebagai bentuk bakti, kecakapan, kedisiplinan, serta pengabdian. Penerima penghargaan ini adalah dosen-dosen dari seluruh fakultas dan sekolah di ITB serta staf direktorat dan non-akademik ITB. Upacara berlanjut dengan pembacaan doa dan lantunan lagu "Syukur". Istimewanya, pada penghujung acara tim marching band MBWG ITB mempersembahkan penampilan spesial mereka di hari kemerdekaan ini. Upacara yang berlangsung kurang lebih satu setengah jam ini kemudian resmi selesai setelah Rektor ITB dan jajaran staf meninggalkan tempat upacara.


scan for download