Berita / Utama

ITB Adakan Sidang Terbuka Peresmian Penerimaan Mahasiswa Baru 2015/2016

Nur Huda Arif - Senin, 10 Agustus 2015, 16:22:06
BANDUNG, itb.ac.id - Tahun ajaran baru membawa mahasiswa baru. Untuk menyambut dan meresmikan status mahasiswa baru, Institut Teknologi Bandung (ITB) menyelenggarakan Sidang Terbuka Peresmian Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2015/2016 (PPMB ITB) pada Senin (10/08/15). Seperti tahun-tahun sebelumnya Sidang Terbuka PPMB diadakan di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ini dipimpin oleh Rektor ITB Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA dan dihadiri oleh Majelis Wali Amanat, Senat Akademik, Forum Guru Besar, Pimpinan Fakultas dan Sekolah, Pimpinan Progam Studi, Pimpinan Ikatan Alumni ITB, Dosen, dan mahasiswa Progam Sarjana maupun Pasca Sarjana.

Untuk Sidang Terbuka PPMB Progam Pasca Sarjana (doktor dan magister) diselenggarakan di pagi hari dan siang harinya untuk mahasiswa Progam Sarjana. Prosesi sidang diawali dengan pembukaan sidang oleh Rektor ITB kemudian menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan mengheningkan cipta. Setelah itu, laporan dari Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru 2015 yang dipaparkan oleh Dr. Achmad Syarief, S.Sn., M.Sc. selaku Wakil Direktur Eksekutif Penerimaan Mahasiswa Progam Sarjana dan Vokasi. Dalam laporannya, Achmad Syarif menjabarkan jumlah mahasiswa Progam Sarjana yang telah terdaftar sebanyak 3682 dengan persebaran daerah asal sebanyak 60% dari Propinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten; sebanyak 20% dari Propinsi Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur; serta 20% berasal dari luar Jawa. Tahun ini terjadi peningkatan distribusi gender untuk wanita (mahasiswi) yaitu mencapai angka 41%. Dari jumlah total mahasiswa progam sarjana tersebut, sebanyak 20%-nya merupakan peserta Beasiswa Bidikmisi dan seleksinya saat ini sedang berlangsung.

Sidang dilanjutkan dengan sambutan dari Rektor ITB dengan judul "Keberlanjutan Lingkungan" (enviromental sustainability). Menurutnya, sustainability merupakan kata kunci dalam agenda pembangunan global pasca-2015 yang disebut sebagai Sustainable Development Goals atau disingkat SDGs. Kemudian terdapat pula orasi ilmiah dari Ir. Haryo Winarso M.Eng., Ph.D dengan judul "Pergeseran Paradigma dalam Perencanaan dan Pembangunan Kota, dan Peluang untuk Penelitian" yang disampaikan pada Sidang Terbuka PPMB Progam Pasca Sarjana dan untuk orasi ilmiah pada Sidang Terbuka PPMB Progam Sarjana diberikan oleh Ir. Adi Indrayanto M.Sc., Ph.D yang membawakan topik "Membangun Industri Gawai (Gadget) Indonesia".

Dalam kesempatan ini pula, ITB memberikan Penghargaan Genesha 2015 pada mahasiswa-mahasiswa berprestasi di bidang olahraga, seni, budaya, agama, ilmiah, sosial kemasyarakatan, dan karya inovatif. Selain itu, ITB juga memberikan penghargaan mahasiswa beprestasi utama ITB atau ganesha prize kepada Ujang Purnama (Sains dan Teknologi Farmasi 2011) yang dinobatkan sebagai juara pertama, Devi Jonathan (Teknik Kimia 2011) sebagai juara kedua, dan Robert (Teknik Mesin 2012) sebagai juara ketiga.